Kompas.com - 11/08/2022, 07:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) batal meresmikan pameran otomotif nasional Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, Kamis, 11 Agustus 2022 di ICE BSD City, Tangerang, Banten.

Sebagai gantinya, seremoni pembukaan dipimpin Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto didampingi Menteri Perindustrian RI (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita.

Demikian dikatakan salah satu sumber Kompas.com yang enggan disebutkan namanya, Rabu (10/8/2022).

Baca juga: Jumlah Kendaraan Bermotor di Indonesia Tembus 149,7 Juta Unit

H-2 penyelenggaraan pameran otomotif GIIAS 2022, Selasa (9/8/2022).KOMPAS.com/Ruly H-2 penyelenggaraan pameran otomotif GIIAS 2022, Selasa (9/8/2022).

"Nanti yang buka acara Pak Menko Perekonomian Airlangga, ya mas," kata dia.

Hal tersebut kemudian dikonfirmasi oleh pihak penyelenggara, Seven Event lewat keterangan tertulisnya yang menyebutkan bahwa acara pembukaan yang dihelat pada pukul 09.00 WIB - 10.00 WIB dilakukan oleh Menko Perekonomian Airlangga.

Ia akan ditemani oleh Menperin Agus bersama Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi dan Ketua Penyelenggara GIIAs 2022, Rizwan Alamsjah.

Artinya, sudah 4 tahun Presiden Jokowi tidak membuka gelaran GIIAS. Tetapi, Jokowi sempat mampir ke GIIAS 2021di sela pekan perhelatan untuk melihat-lihat stand berbagai merek mobil dan sepeda motor.

Adapun, presiden terakhir membuka pameran GIIAS, dilakukannya pada 2018 yang sekaligus menjadi debut pertama menghadiri seremonial tersebut. Sedangkan, GIIAS 2020 batal terselenggara karena pandemi.

Baca juga: Duo Hybrid, Accord dan CR-V Bakal Jadi Andalan Honda di GIIAS 2022

Toyota menyiapkan sambutan untuk Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di pameran otomotif GIIAS 2022, Selasa (9/8/2022).KOMPAS.com/Ruly Toyota menyiapkan sambutan untuk Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di pameran otomotif GIIAS 2022, Selasa (9/8/2022).

Kala itu, Presiden RI Jokowi meresmikan GIIAS didampingi oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Sekertaris Kabinet Pramono Anung, dan Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi.

Sebelumnya, Presiden RI Jokowi dijadwalkan untuk membuka dan meresmikan pameran GIIAS 2022. Sejumlah perserta yang mencangkup industri otomotif berskala besar pun terpantau telah menyiapkan sambutan sejak H-2 acara.

Sebab, gelaran tahunan ini akan menjadi barometer suatu pameran otomotif di dalam negeri dengan fokusan baru, yaitu elektrifikasi kendaraan bermotor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.