Kompas.com - 10/08/2022, 20:49 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Selain memajang mobil listrik terbaru bZ4x, PT Toyota Astra Motor (TAM) masih menyimpan salah satu mobil terbaru, yakni GR 86.

Hal tersebut terungkap saat redaksi Kompas.com coba mengintip persiapan booth Toyota yang terletak di Hall 1B pada Rabu (10/8/2022) atau H-1 GIIAS tahun ini.

Terlihat GR 86 tengah dipersiapkan tim Toyota, namun sayang area di sekeliling ruang pamer Toyota masih ditutupi kain hitam, begitu juga dengan mobil yang berada di dalamnya.

Baca juga: Duo Hybrid, Accord dan CR-V Bakal Jadi Andalan Honda di GIIAS 2022

Ilustrasi Toyota GR 86CARSCOOPS.com Ilustrasi Toyota GR 86

Meskipun hanya sempat memotret sedikit, bisa dipastikan bahwa mobil tersebut merupakan GR 86. Tampak dari desain headlamp dan bagian kisi udara di bumper.

Seperti diketahui, GR 86 memang sudah diprediksi bakal hadir di Indonesia dalam waktu dekat. Hal ini sempat diungkap Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM, beberapa waktu lalu.

“Kami under preparation, mudah-mudahan tahun ini bisa diturunkan ke Indonesia juga,” ujar Anton, saat ditemui di Sirkuit Sentul (3/7/2022).

Baca juga: Jumpa Suzuki Baleno Hatchback Facelift di Persiapan GIIAS 2022

“Jadi sudah cukup detail persiapannya. Kalau sudah beres kami akan kenalkan, at least tahun ini. Sudah banyak konsumen yang nanya juga,” kata dia.

Sebagai informasi, dibangun dari Platform Global Subaru, sasis baru ini memiliki tingkat kekakuan 50 persen lebih baik dibandingkan model sebelumnya.

Secara dimensi, mobil ini juga masih sama dengan pendahulunya. Bobotnya tercatat sekitar 1.260 kg hingga 1.290 kg tergantung pada varian.

Baca juga: Terungkap, Daihatsu Memboyong Rocky Hybrid dan Ayla EV pada GIIAS 2022 

Toyota GR 86CARSCOOPS.com Toyota GR 86

Bicara soal dapur pacu, GR 86 mengusung mesin boxer FA24 2.400 cc dengan tenaga lebih besar, mencapai 235 PS atau setara 233 tk pada 7.000 rpm dan torsi 250 Nm pada 3.700 rpm.

Tenaga tersebut disalurkan ke dua roda belakang, dengan opsi transmisi manual enam kecepatan atau otomatis Super ECT enam kecepatan.

Toyota mengklaim, akselerasi 0-100 kpj dapat ditempuh dalam 6,3 detik, atau lebih cepat 1,1 detik dari model lama.

Di Jepang, GR 86 ditawarkan mulai 2.799.000 yen atau sekitar Rp 348 jutaan sampai 3.512.000 yen atau setara Rp 437 jutaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.