Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Presiden Jokowi Batal Meresmikan Pameran Otomotif GIIAS 2022

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) batal meresmikan pameran otomotif nasional Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, Kamis, 11 Agustus 2022 di ICE BSD City, Tangerang, Banten.

Sebagai gantinya, seremoni pembukaan dipimpin Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto didampingi Menteri Perindustrian RI (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita.

Demikian dikatakan salah satu sumber Kompas.com yang enggan disebutkan namanya, Rabu (10/8/2022).

"Nanti yang buka acara Pak Menko Perekonomian Airlangga, ya mas," kata dia.

Hal tersebut kemudian dikonfirmasi oleh pihak penyelenggara, Seven Event lewat keterangan tertulisnya yang menyebutkan bahwa acara pembukaan yang dihelat pada pukul 09.00 WIB - 10.00 WIB dilakukan oleh Menko Perekonomian Airlangga.

Ia akan ditemani oleh Menperin Agus bersama Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi dan Ketua Penyelenggara GIIAs 2022, Rizwan Alamsjah.

Artinya, sudah 4 tahun Presiden Jokowi tidak membuka gelaran GIIAS. Tetapi, Jokowi sempat mampir ke GIIAS 2021di sela pekan perhelatan untuk melihat-lihat stand berbagai merek mobil dan sepeda motor.

Adapun, presiden terakhir membuka pameran GIIAS, dilakukannya pada 2018 yang sekaligus menjadi debut pertama menghadiri seremonial tersebut. Sedangkan, GIIAS 2020 batal terselenggara karena pandemi.

Kala itu, Presiden RI Jokowi meresmikan GIIAS didampingi oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Sekertaris Kabinet Pramono Anung, dan Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi.

Sebelumnya, Presiden RI Jokowi dijadwalkan untuk membuka dan meresmikan pameran GIIAS 2022. Sejumlah perserta yang mencangkup industri otomotif berskala besar pun terpantau telah menyiapkan sambutan sejak H-2 acara.

Sebab, gelaran tahunan ini akan menjadi barometer suatu pameran otomotif di dalam negeri dengan fokusan baru, yaitu elektrifikasi kendaraan bermotor.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/11/070200915/presiden-jokowi-batal-meresmikan-pameran-otomotif-giias-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke