Duo Hybrid, Accord dan CR-V Bakal Jadi Andalan Honda di GIIAS 2022

Kompas.com - 10/08/2022, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring dengan tema yang diusung pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Show (GIIAS) 2022, yaitu 'Future is Bright', sejumlah pabrikan otomotif siap untuk menyajikan beragam kejutan, termasuk Honda.

Melalui agen pemegang merek-nya di Indonesia, yakni PT Honda Prospect Motor (HPM), perseroan memastikan bakal menghadirkan banyak aspek menarik, termasuk kejelasan langkah menuju era elektrifikasi di Indonesia dari Honda.

"Semua mobil terbaru kami akan ada di situ (GIIAS 2022). Kemudian sekarang juga kita sudah lebih banyak menyampaikan visi mengenai elektrifikasi Honda, termasuk untuk di Indonesia. Banyak informasi yang akan disampaikan di sana," kata Yulian Karfili, PR & Digital Manager HPM di Jakarta belum lama ini.

Baca juga: Pameran PEVS Pacu Perkembangan Kendaraan Listrik

Honda CR-V dan Accord Hybrid siap untuk gigi di GIIAS 2022KOMPAS.com/Ruly Honda CR-V dan Accord Hybrid siap untuk gigi di GIIAS 2022

Hasil pantauan Kompas.com dari persiapan jelang GIIAS 2022 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten, terungkap rencana Honda sesungguhnya terkait kendaraan elektrifikasi.

HPM setidaknya membawa dua kendaraan listrik berteknologi hibrida, yaitu CR-V dan Accord, yang dibenamkan platform e:HEV. Produk ini bertengger di panggung utama pada booth Honda Indonesia.

Dibalut oleh sarung transparan, redaksi pun bisa secara jelas melihat produk baru tersebut. Bahkan untuk Accord, kala itu sedang dibersihkan supaya layak untuk tampil menjadi maskot Honda Indonesia tahun ini.

Secara umum, baik CR-V Hybrid dan Accord Hybrid tidak ada perbedaan signifikan dari model konvensionalnya. Hanya iluminasi logo berwarna biru saja dengan tulisan di buritan yang menandakan bahwa kendaraan berteknologi hibrida.

Baca juga: Karoseri Tentrem Bawa Bus Avante H8 Unik untuk GIIAS 2022

CR-V Hybrid siap untuk gigi di GIIAS 2022KOMPAS.com/Ruly CR-V Hybrid siap untuk gigi di GIIAS 2022

Kemudian, pembeda tipis juga terjadi pada bagian tampang mobil, khususnya di grill dan bemper. Sementara pada kaki-kaki, tampak terlihat sama saja.

Di pasar global, CR-V model 2022 dengan teknologi serupa belum diluncurkan. Tapi diperkirakan bahwa mobil bakal dibenamkan beragam teknologi canggih yang kekinian, seperti driving dan traction mode, serta tentu saja andalan Honda Sensing.

Begitu pula untuk Accord hybrid. Literasi paling dekat ialah model terdahulu yang diluncurkan 2018 lalu. Kala itu, dapur pacunya menggunakan mesin Two-Motor Hybrid Powertrain yang didukung 2.0L DOHC i-VTEC Atkinson 4 silinder.

Baca juga: Program Kredit Kendaraan Bermotor dari Astra Financial di GIIAS 2022

Honda Accord Hybrid disiapkan untuk unjuk gigi di GIIAS 2022KOMPAS.com/Ruly Honda Accord Hybrid disiapkan untuk unjuk gigi di GIIAS 2022

Dengan efisiensi termal 40 persen, kendaraan mampu menghasilkan torsi 232 lb-ft dan tenaga 212 dk. Menariknya, mobil tidak membutuhkan transmisi automatic konvensional karena sudah pakai Two-Motor System.

Adapun e:HEV sendiri merupakan identitas salah satu model kendaraan ramah lingkungan dari Honda, yang kepanjangannya Hybrid Electric Vehicle.

Tidak hanya itu, penamaan ini juga digunakan sebagai pembeda dari platform mobil konvensional Honda yang mencangkup penempatan baterai, konstruksi, dan lain sebagainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.