Mudah Menerapkan Eco Riding Saat Berkendara Motor Listrik

Kompas.com - 05/08/2022, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengguna sepeda motor listrik perlu memahami Eco riding. Dengan Eco riding pengendara mendapat beberapa keuntungan mulai dari efisiensi baterai sampai memperpanjang usia dinamo dan pengatur daya (controller).

Hendro Sutono, pegiat motor listrik dan juru bicara Komunitas Sepeda Motor Listrik (Kosmik), mengatakan, sesungguhnya semua tentang kendaraan listrik adalah masalah efisiensi.

Baca juga: Bagnaia Berharap Tanpa Kesalahan di Sisa Musim MotoGP 2022

Pengemudi ojek daring mengganti baterai sepeda motor listrik dengan yang sudah penuh terisi di Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di SPBU Pertamina, Jalan MT Haryono, Jakarta, Senin (28/3/2022). Pemerintah Indonesia menargetkan dua juta kendaraan listrik dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia pada 2025 sebagai salah satu upaya untuk menerapkan penggunaan energi terbarukan.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pengemudi ojek daring mengganti baterai sepeda motor listrik dengan yang sudah penuh terisi di Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di SPBU Pertamina, Jalan MT Haryono, Jakarta, Senin (28/3/2022). Pemerintah Indonesia menargetkan dua juta kendaraan listrik dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia pada 2025 sebagai salah satu upaya untuk menerapkan penggunaan energi terbarukan.

"Bagaimana kita bisa bertransportasi dengan biaya paling murah, menggunakan energi paling rendah dan menempuh jarak yang paling jauh, dan dengan menggunakan teknik ECO Riding maka kita akan dapatkan efisiensi yang lebih maximal saat menggunakan kendaraan listrik," kata dia kepada Kompas.com, Rabu (3/8/2022).

Hendro mengatakan, aplikasi Eco riding sebetulnya tidak sulit. Sebab sebagian besar motor listrik yang dijual di Indonesia sudah banyak yang dilengkapi "ECO MODE."

"Sebagian besar motor listrik yang beredar di Indonesia telah dilengkapi dengan beberapa pilihan mode berkendara. Ada yg menggunakan istilah "ECO", "NORMAL", "SPORT" dan ada juga yang menggunakan istilah "SPEED 1", "SPEED 2", "SPEED 3"," kata Hendro.

Baca juga: Jalan Lapangan Tembak Cibubur Mulai Tutup Sementara

Motor listrik Gesits G1 dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (28/7/2022). Gesits G1 memiliki fitur unggulan salah satunya adalah fitur peta digital yang bisa dinikmati pemilik kendaraan melalui panel indikator. Sehingga, pemilik tidak perlu repot memakai telepon genggam untuk memakai peta selama berkendara.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Motor listrik Gesits G1 dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (28/7/2022). Gesits G1 memiliki fitur unggulan salah satunya adalah fitur peta digital yang bisa dinikmati pemilik kendaraan melalui panel indikator. Sehingga, pemilik tidak perlu repot memakai telepon genggam untuk memakai peta selama berkendara.

Mode Eco atau Speed ini sangat berguna di motor listrik karena tiap mode memiliki batasan kecepatan untuk efisiensi baterai. Meski diakui pengguna yang baru menggunakan motor listrik biasanya sulit memakai mode Eco.

"Pada mode "ECO" dan "SPEED 1" biasanya telah dibatasi kecepatan hanya mencapai 35-40km/jam dan pada beberapa motor dgn teknologi yang advance, pengaturannya juga meliputi pembatasan akselerasi," kata dia.

"Sehingga sangat memudahkan pengendara untuk melakukan ECO RIDING dan mencapai efisiensi maximal," ucap Hendro, melanjutkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.