Kompas.com - 05/08/2022, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Kasus mobil matik menyelonong karena salah injak pedal gas masih kerap terjadi. Biasanya, pengemudi kurang awas menaruh kakinya, sehingga saat mau injak rem, malah menginjak gas.

Tentu saja ini bisa sangat berbahaya, apalagi kalau sampai terjadi di lokasi parkir. Mobil yang tadinya mau berhenti, malah melaju tidak terkendali, menabrak benda yang ada di depan atau belakang.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, ada beberapa tips yang bisa mencegah pengemudi salah menginjak pedal, terutama saat mau parkir.

Baca juga: BBM Nonsubsidi Makin Mahal, Ubah Gaya Berkendara Mobil Matik biar Irit

Menginjak pedal gas pada mobilZulfana K. Rijal Menginjak pedal gas pada mobil

“Pertama, orientasi. Penting pengemudi lebih menguasai kendaraan secara bertahap. Banyak dari pengemudi mindset berkendara itu maju, mundur hanya pelengkap sehingga sering disepelekan,” kata Sony kepada Kompas.com, Kamis (4/8/2022).

Kedua, pengemudi harus tahu menempatkan kaki, terutama kaki kanan. Posisikan tumit kaki selalu di depan pedal rem, bukan pedal gas.

Baca juga: Tidak Disita, Motor yang Data STNK-nya Dihapus Hanya Dianggap Bodong


“Sehingga, proses mengerem lebih sempurna dan apabila akan menginjak pedal gas, ujung kaki sedikit menekuk ke kanan,” kata Sony.

Terakhir, ketika parkir biarkan kendaraan bergulir pelan. Jadi tidak usah terburu-buru mau selesai parkir, yang penting adalah selamat, kendaraan tidak rusak karena lalai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.