Kompas.com - 26/07/2022, 07:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Prinsipal Chery di Tiongkok sowan ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Chaoyang District, Beijing. 

Pertemuan bertujuan memperkuat kedekatan dan komunikasi perseroan dengan pemerintah Indonesia, dengan membahas perkembangan terbaru dari bisnis Chery di Indonesia yang mencangkup investasi, kendaraan listrik, dan lainnya.

Pada pertemuan ini, dihadiri Executive Vice President Chery International Charlie Zhang dan Duta Besar Indonesia untuk China, Djauhari Oratmangun.

"Kami harap, dengan terjalinnya hubungan yang baik, seluruh proses bisnis yang akan dilakukan Chery dapat berjalan dengan lancar serta sesuai ekspektasi," kata Zhang dalam keterangannya, Senin (25/7/2022).

Baca juga: Saat Toyota Veloz Jadi Wadah Ekspresi Karakter Anime

Pertemuan Executive Vice President Chery International Charlie Zhang dan Duta Besar Indonesia untuk China, Djauhari Oratmangun, di kantor KBRI di Chaoyang District, Beijing. 
dok.Chery Pertemuan Executive Vice President Chery International Charlie Zhang dan Duta Besar Indonesia untuk China, Djauhari Oratmangun, di kantor KBRI di Chaoyang District, Beijing.

Dalam kesempatan itu, disebutkan kalau Chery mau melibatkan diri di dalam industri lokal dengan berinvestasi dan membangun pusat penelitian dan pengembangan (litbang) di Indonesia.

"Sehingga Chery bisa membentuk tata letak yang solid dalam industri otomotif, dan bersama-sama mempromosikan pasar mobil Indonesia ke level selanjutnya,” ujar Zhang.

Baca juga: Beli Mobil Listrik Murah Ini jika Tidak Sesuai Uang Bisa Kembali

Booth Chery di Pameran otomotif IIMS 2022KOMPAS.com/Ruly Booth Chery di Pameran otomotif IIMS 2022

Rencana besar tersebut juga diakui Managing Director PT Chery Motor Indonesia Major Qin kepada Kompas.com, Senin (25/7/2022). Sebab, pasar Indonesia diakui memiliki karakteristik yang sedikit berbeda dengan negara asalnya, Tiongkok.

Hanya saja untuk membangun pabrik manufaktur dan pusat litbang membutuhkan waktu. Kini, perseroan masih mencari lokasi yang tepat untuk fasilitas itu.

"Indonesia merupakan pasar yang besar di Asia Tenggara. Kami sangat serius dan berkomitmen di sini, bahkan sudah ada rencana jangka menengah serta panjang termasuk soal pembangunan RnD (litbang) dan elektrifikasi," kata Qin.

Baca juga: Kendala Kendaraan Listrik Belum Diterima Masyarakat Indonesia

Chery Media Lite ExperienceKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Chery Media Lite Experience

Tidak sampai di sana, Zhang juga menjelaskan rencana Chery mengembangkan kendaraan listrik di Indonesia dengan menggunakan energi terbarukan yang bersih dan efisien.

Menanggapi pernyataan itu, Djauhari Oratmangun menyambut baik rangkaian rencana investasi Chery di Indonesia dan mengakui posisi terdepan pabrikan ini pada industri kendaraan listrik China.

Bahkan, disebutkan bahwa KBRI China akan terus berkomunikasi dengan departemen terkait di Jakarta agar mendukung implementasi investasi Chery di Indonesia. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.