Prinsipal Chery Klaim Siapkan Investasi di Indonesia Rp 14 Triliun

Kompas.com - 28/07/2022, 17:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Perkembangan kendaraan listrik di Indonesia telah memancing minat investasi dari sejumlah perusahaan otomotif global. Salah satunya prinsipal merek mobil asal China, Chery.

Dalam kujungan Presiden Joko Widodo ke Beijing, China, pada 25 Juli 2022, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, telah melakukan pertemuan dengan Charlie Zhang, Executive Vice President Chery International, di Diaoyutai State Guesthouse.

Pada kesempatan tersebut, kedua pihak membicarakan tentang rencana investasi Chery International di Indonesia.

Baca juga: Toyota Siapkan Fortuner Hybrid, Versi Diesel Mau Dihapus?

Delegasi Indonesia bertemu dengan prinsipal Chery Motor di Beijing, China.Dok. Chery Motor Delegasi Indonesia bertemu dengan prinsipal Chery Motor di Beijing, China.

Prinsipal Chery mengklaim investasi dari kesepakatan tersebut hampir 1 miliar dolar AS atau setara Rp 14,9 triliun.

Dalam pembicaraan ini, kedua menteri mengakui kekuatan global Chery Group dan menyambut positif rencana investasi Chery di Indonesia.

Charlie Zhang, Executive Vice President Chery International, mengatakan, total investasi tersebut akan meliputi aktivitas produksi dan manufacturing di Indonesia dengan perkiraan kapasitas mencapai 200.000 kendaraan.

Baca juga: Sepeda Listrik Tidak Cocok Dipakai di Jalan Raya

“Investasi Chery di Indonesia akan dilakukan dalam empat tahap. Investasi tahap awal yang dimulai pada tahun 2022 ini adalah sebesar 40 juta dolar AS (Rp 596 miliar) dan diproyeksikan untuk mencapai jumlah produksi 20.000 unit per tahunnya,” ujar Zhang, dalam keterangan resmi, Kamis (28/7/2022).

Sementara itu, pada investasi tahap keempat di tahun 2028, Chery akan menggenapkan investasinya hingga mendekati Rp 1 miliar dolar AS (Rp 14,9 triliun) sehingga dapat mengoptimalkan jumlah produksi mencapai 200.000 unit per tahun.

“Jumlah produksi kendaraan Chery di Indonesia juga akan berdampak kepada pembukaan lapangan pekerjaan pada sektor hulu dan hilir sebanyak 20.000 orang,” ucap Zhang.

Baca juga: Jepang Tambah Investasi Rp 75 Triliun, Otomotif Sumbang 17 Persen

Chery mulai pameran di mal Ibu Kota. CMI Chery mulai pameran di mal Ibu Kota.

Pada pertemuan tersebut, Charlie Zhang juga menyampaikan rencana investasi Chery di Indonesia untuk pengembangan kendaraan listrik.

Menurutnya, Indonesia yang memiliki cadangan nikel tertinggi di dunia,dan akan sangat berperan dalam pengembangan industri kendaraan energi terbarukan.

Ke depannya, produk Chery di pasar Indonesia juga akan didominasi oleh model-model pure electric dan plug-in hybrid, dengan total sembilan model.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.