Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minerva Mencoba Bangkit di Indonesia, Jajaki Pasar Motor Listrik

Kompas.com - 03/08/2022, 09:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 akan berlangsung pada 11-21 Agustus 2022 di ICE, BSD City. Pameran ini akan menjadi upaya bangkitnya Minerva di Indonesia.

Merek yang dulu sering dipertanyakan antara buatan China, Indonesia, atau Jerman itu, akan kembali memeriahkan pasar sepeda motor. Namun fokusnya bukan lagi di motor bahan bakar bensin melainkan motor listrik.

Baca juga: Hindari Beli Motor Custom dengan Kondisi Ini

Namanya sedikit berbeda bukan Minerva atau Minerva SACHS melainkan Minerva Electron. Sesuai namanya, ini untuk menunjukkan identitas sebagai merek yang bermain di segmen elektrifikasi.

Minerva R 150 New VXdok.Minerva Minerva R 150 New VX

Kehadiran Minerva Electron di GIIAS 2022 dikonfirmasi oleh Kristianto Gunadi, Presiden Direktur Piaggio Commercial Indonesia yang berdiri di bawah PT Bagaskoro Mega Langgeng (BML).

"Ya betul. Kita pakai (nama) Minerva Electron, kita juga akan launching di GIIAS nanti," kata Kristianto kepada Kompas.com, Selasa (2/8/2022).

"Kalau dulu ICE (mesin bakar), kalau yang ini kita mau fokus ke elektrik jadi kita pakai nama Minerva Electron. Jadi kita khusus di elektrik, jadi motor kita akan bawa di GIIAS 2022," ungkap dia.

Kristianto mengatakan, kepemilikan Minerva Electron berbeda dengan Minerva yang lama yaitu PT Minerva Motor Indonesia, melainkan satu payung dengan Piaggio komersial atau Piaggio roda tiga di Indonesia.

Baca juga: Motor Custom Ideal Harus Lebih Nyaman dari Motor Pabrikan

Motor listrik WMoto Neutron diluncurkan di GIIAS 2021Kompas.com/Donny Motor listrik WMoto Neutron diluncurkan di GIIAS 2021

"Satu PT dengan Piaggio roda tiga," ungkap Kristianto.

Untuk diketahui, nama Minerva pernah eksis di Indonesia mulai 2007 sampai 2015. Selama kurun tersebut Minerva melansir beberapa tipe motor mulai jenis sport naked dan motor sport full fairing.

Sebetulnya tidak ada pernyataan resmi dari pihak Minerva tutup di Indonesia. Tapi pada 2015, manajemen yang sama beralih menjadi distributor resmi motor Austria, KTM. Sejak itu kiprah Minerva tidak terdengar lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com