Minerva Mencoba Bangkit di Indonesia, Jajaki Pasar Motor Listrik

Kompas.com - 03/08/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 akan berlangsung pada 11-21 Agustus 2022 di ICE, BSD City. Pameran ini akan menjadi upaya bangkitnya Minerva di Indonesia.

Merek yang dulu sering dipertanyakan antara buatan China, Indonesia, atau Jerman itu, akan kembali memeriahkan pasar sepeda motor. Namun fokusnya bukan lagi di motor bahan bakar bensin melainkan motor listrik.

Baca juga: Hindari Beli Motor Custom dengan Kondisi Ini

Namanya sedikit berbeda bukan Minerva atau Minerva SACHS melainkan Minerva Electron. Sesuai namanya, ini untuk menunjukkan identitas sebagai merek yang bermain di segmen elektrifikasi.

Minerva R 150 New VXdok.Minerva Minerva R 150 New VX

Kehadiran Minerva Electron di GIIAS 2022 dikonfirmasi oleh Kristianto Gunadi, Presiden Direktur Piaggio Commercial Indonesia yang berdiri di bawah PT Bagaskoro Mega Langgeng (BML).

"Ya betul. Kita pakai (nama) Minerva Electron, kita juga akan launching di GIIAS nanti," kata Kristianto kepada Kompas.com, Selasa (2/8/2022).

"Kalau dulu ICE (mesin bakar), kalau yang ini kita mau fokus ke elektrik jadi kita pakai nama Minerva Electron. Jadi kita khusus di elektrik, jadi motor kita akan bawa di GIIAS 2022," ungkap dia.

Kristianto mengatakan, kepemilikan Minerva Electron berbeda dengan Minerva yang lama yaitu PT Minerva Motor Indonesia, melainkan satu payung dengan Piaggio komersial atau Piaggio roda tiga di Indonesia.

Baca juga: Motor Custom Ideal Harus Lebih Nyaman dari Motor Pabrikan

Motor listrik WMoto Neutron diluncurkan di GIIAS 2021Kompas.com/Donny Motor listrik WMoto Neutron diluncurkan di GIIAS 2021

"Satu PT dengan Piaggio roda tiga," ungkap Kristianto.

Untuk diketahui, nama Minerva pernah eksis di Indonesia mulai 2007 sampai 2015. Selama kurun tersebut Minerva melansir beberapa tipe motor mulai jenis sport naked dan motor sport full fairing.

Sebetulnya tidak ada pernyataan resmi dari pihak Minerva tutup di Indonesia. Tapi pada 2015, manajemen yang sama beralih menjadi distributor resmi motor Austria, KTM. Sejak itu kiprah Minerva tidak terdengar lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.