Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Custom Ideal Harus Lebih Nyaman dari Motor Pabrikan

Kompas.com - 02/08/2022, 18:51 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Motor custom menjadi salah satu pilihan bagi pecinta kendaraan roda dua. Motor custom sendiri memiliki perbedaan dengan motor keluaran pabrikan.

Di Indonesia sendiri ada banyak bengkel custom yang menawarkan jasa pembuatan motor custom dengan harga yang berbeda-beda. 

Andi “Atenx” Akbar, punggawa Katros Garage mengatakan jika sisi kenyamanan itu seharusnya bengkel custom motor yang baik seharusnya bisa membuat motor custom yang ideal dan lebih nyaman dari motor dari pabrikan.

Baca juga: Disuntik Mati, Ini Sejarah Toyota Vios di Indonesia

“Bengkel custom motor yang bener, yang punya pengalaman, punya banyak jam terbang, harusnya bangun motor custom itu justru harus membuat motor lebih enak dari motor pabrikan. Motor custom itu dibuat dengan mengikuti tinggi badan dan kebiasaan pemiliknya,” kata Atenx saat dihubungi oleh Kompas.com, Selasa (2/8/2022).

Menurut Atenx, kalau motor pabrikan itu mempunyai rancangan yang sama rata. Maka dari itu semua ukuran dan juga spesifikasinya mengikuti standar umum. Sementara itu, motor custom di buat khusus mengikuti kebutuhan pemilik.

Maka dari itu seharusnya motor custom harus lebih nyaman digunakan dari motor hasil pabrikan atau bawaan aslinya.

Salah satu motor hasil custom di Kabayan Garage, BogorJanlika Putri/ Kompas.com Salah satu motor hasil custom di Kabayan Garage, Bogor

Namun banyak orang kurang paham, misalnya menggunakan motor custom punya teman atau orang lain pasti tidak akan nyaman. Itu karena memang kendaraan itu tidak dirancang untuk kebutuhan banyak orang, namun hanya untuk pemiliknya saja.

Baca juga: Efek Terlalu Banyak Mengisi Freon pada AC Mobil

“Jadi kalau motor custom dan pabrikan itu memang beda. Namun banyak bengkel yang belum paham dan asal bikin dengan dalih beauty is pain. Padahal kan nggak selalu harus begitu karena tegantung untuk peruntukannya,” kata Atenx.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com