Biaya Bikin Motor Retro Custom, Minimal Habis Rp 20 Jutaan

Kompas.com - 02/08/2022, 18:31 WIB


BOGOR, KOMPAS.com – Membeli motor custom kini menjadi salah satu pilihan bagi para pecinta kendaraan roda dua.

Motor custom dipercaya dapat menambah rasa percaya diri pemiliknya lantaran akan menjadi kendaraan yang berbeda dengan motor pada umumnya.

Baca juga: Ini Aturan Warna Lampu pada Kendaraan, Jangan Asal Ubah

Berbeda ketika membeli motor keluaran dari pabrikan ternama, desain motor custom bisa mengikuti keinginan dari pembeli. Mulai dari motor bergaya retro seperti cafe racer atau japstyle bisa dibuat sesuai keinginan dan budget.

Dadan Owner Kabayan Garage mengatakan, jika motor custom yang ada dibuat mulai dari Rp 20 juta sudah dapat motor bergaya retro. 


“Kalau dari saya rentangnya ada yang mulai dari Rp 20 juta, udah bikin yang ready stok bikin sendiri buat mengurangi. Bikin motor lumayan lama, 45 hari dari kalau dari nol,” katanya saat ditemui Kompas.com di Bogor, Jawa Barat, Senin (1/8/2022).

Menurut Dadan, dengan budget Rp 20 juta sudah dapet model Yamaha Byson, surat lengkap dan pajak hidup masih. Semua komponen yang digunakan baru, mulai dari mesin dan sparepart tinggal pakai aja.

Dadan, pemilik bengkel Kabayan GarageJanlika Putri/ Kompas.com Dadan, pemilik bengkel Kabayan Garage

Untuk jenis Yamaha Scorpio, ada yang speknya mewah ada pula standar. Kelas menengah kisaran Rp 25 juta sampai Rp 35 juta dan speknya bisa diatur. Jika membawa motor sendiri itu dikenakan biaya sekitar Rp 15 jutaan.

“Atau misalnya bawa Byson sendiri. Peleknya tidak diganti masih pakai original dan lainnya, itu rasanya mulai dari 10 juta. Jadi ngikutin spare part, kalau sparepart ada yang diganti atau ditambah berarti lebih mahal,” kata Dadan.

Sementara itu, di Rangkuti Motor menawarkan harga custom motor klasik mulai dari Rp 15 juta apabila membawa motor dan mesin sendiri. Nantinya, pihak bengkel yang akan membuat desain motor mengikuti keinginan pelanggan.

 Baca juga: Segini Jumlah Kendaraan Listrik di Indonesia per Juli 2022

"Misalnya bawa motor sendiri, Yamaha Byson contohnya dan diubah jadi model bobber itu harganya mulai dari Rp 15 juta. Tapi kalau motornya dari kita itu bisa Rp 30 jutaan" kata Gunawan, salah satu punggawa Rangkuti Motor yang berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan, Bogor tengah saat dihubungi oleh Kompas.com.

Kabayan Garage Tempat Custom motor  di BogorJanlika Putri/ Kompas.com Kabayan Garage Tempat Custom motor di Bogor

Gunawan sendiri menyebutkan jika untuk pengerjaan motor standar bisa sebulan atau dua bulan paling lama. Apabila pembeli menginginkan penyematan komponen tertentu harganya juga akan disesuaikan.

Sementara itu, di tempat custom motor yang ada di Bogor lainnya, di PO-Rain Custom Garage mengatakan untuk pengerjaan custom motor model klasik mulai dari Rp 17 juta.

"Itu kisaran Rp 17 hanya custom standar. Namun balik lagi tergantung jenis gaya custom yang diminta. jika lebih rumit akan lebih mahal," kata salah satu pegawai PO-Rain Custom Garage saat dihubungi Kompas.com, Selasa (2/8/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.