Kompas.com - 02/08/2022, 15:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com -  Baru-baru ini sebuah mobil Toyota Alphard terbakar di Jalan Kebon Polo, Gintungan, Ungaran Barat pada Minggu (31/07/2022) sekitar pukul 14.07 WIB.

Sebelumnya terdengar suara ledakan, api semakin besar dan membakar seluruh bodi. Dalam waktu satu jam, bagian eksterior dan interior MPV bongsor tersebut sudah ludes. 

Melansir dari Kompas.com, sebelum terbakar dari dalam kabin muncul hawa panas AC dan rem jadi kurang pakem. 

"Posisi AC sudah menyala dan rem kurang berfungsi dengan baik," ujar Sekretaris Satpol PP dan Damkar Kabupaten Semarang, Alexander Gunawan, Minggu, (1/8/2022).

Baca juga: Disuntik Mati, Ini Sejarah Toyota Vios di Indonesia

Dari keterangan yang diperoleh, mobil tersebut baru selesai servis di bengkel. Kemudian, digunakan untuk perjalanan dari arah Langensari.

Ilustrasi mobil terbakar secara tiba-tibatrofire.com Ilustrasi mobil terbakar secara tiba-tiba

Menanggapi kejadian tersebut, Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto mengatakan, percikan api yang berasal dari AC dan rem diduga berasal dari kebocoran selang vacuum. Rem jadi tidak pakem dan selang fleskibel terbakar kemudian. 

Selang vacuum yang terbakar membuat sistem rem tidak bisa memompa dan menghisap udara dari intake. 

"Rem tidak fungsi, karena selang vacuum terbakar. Jadi, tidak ada tenaga vacuum dari intake yang membantu sistem rem," kata dia kepada Kompas.com, Selasa (2/8/2022). 

Salah satu fungsi selang vacuum, menurut Bambang, berguna sebagai penyalur aliran udara yang dibutuhkan booster rem untuk tenaga tekanan tambahan pada master rem.

"Pada selang booster itu ada klep yang mengatur besar kecilnya pasokan aliran udara yang masuk ke dalam booster rem," lanjut dia. 

Baca juga: Peristiwa Bus Terbakar, Bukti Krusialnya Uji KIR

Selain itu, kasus kebakaran mobil bisa jadi disebabkan kesalahan instalasi pemasangan aksesoris variasi mobil. Pemasangan aksesori yang tidak benar bisa menimbulkan korsleting. 

Mobil terbakar di jalan raya Susi Gustiana Mobil terbakar di jalan raya

"Biasanya pemasangan audio atau aksesori di mobil, amplifier atau sound system lain yang tidak standar. Instalasi dari jalur perkabelan, relay dan soket yang tidak sesuai," tambahnya. 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.