Disuntik Mati, Ini Sejarah Toyota Vios di Indonesia

Kompas.com - 02/08/2022, 13:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Produksi Toyota Vios di pabrik perakitan Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Karawang, Jawa Barat, dikabarkan telah berhenti.

Kabar ini mencuat setelah video perpisahan sejumlah pekerja pabrik yang membawa potongan kertas bertuliskan “Sayonara Vios” mencuat di media sosial.

Meski demikian, Direktur Corporate Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam, belum mau berkomentar lebih lanjut mengenai kabar penghentian produksi Vios di Indonesia. Namun dirinya juga tidak membantah kabar tersebut.

“Itu hanya medsos, belum ada announcement resmi dari TMMIN,” tulis Bob melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Selasa (2/7/2022).

Baca juga: Soal Pelajar Tidak Dianjurkan Bawa Motor ke Sekolah, Pengamat Sindir Transportasi Umum

Sebagai informasi, Toyota Vios pertama kali hadir di Tanah Air pada 2003 sebagai pengganti Toyota Soluna dalam segmen mobil sedan. Saat itu Vios bersaing dengan Honda City dan Suzuki Baleno. Vios juga hadir sebagai sedan taksi dengan nama lain Limo.

Toyota Vios 1.5 G 2003Foto: Search and Find 24 Toyota Vios 1.5 G 2003

Generasi pertama Vios menggendong mesin 1.496 cc 1NZ-FE yang mampu menghasilkan tenaga 109 dk di 6.000 rpm dan torsi 141 Nm di 4.200 rpm.

Selang dua tahun, Vios mengalami penyegaran dengan ubahan minor pada desai grill, lampu sein dan warna interior (ivory).

Lalu pada 2007, Toyota Vios meluncurkan generasi kedua dengan desain eksterior yang menyerupai Toyota Yaris. Mobil ini sudah dibekali dengan suspensi yang empuk dan cukup nyaman dibanding generasi sebelumnya.

Tak hanya itu, generasi kedua Vios ini juga sudah dibekali dengan fitur safety tambahan seperti ABS, EBD dan BA serta collapsible steering column di semua varian.

Bicara soal mesin, mobil ini dibekali jantung pacu berkapasitas 1.500 cc VVT-i yang mampu menghasilkan tenaga 109 dk. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan Intelligent Drive by Wire ETCS- i yang bisa membuat BBM lebih hemat dan ramah lingkungan.

Toyota Vios 2016 meluncur di Malaysia.Toyota Malaysia Toyota Vios 2016 meluncur di Malaysia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.