Rapor Penjualan Toyota Vios di Indonesia

Kompas.com - 02/08/2022, 14:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Vios merupakan salah satu sedan yang cukup laris di Tanah Air. Sejak meluncur pada tahun 2003, Vios sudah hadir dalam tiga generasi yang diperbarui secara rutin.

Namun dalam beberapa tahun belakangan ini, tren penjualan sedan bisa dibilang menurun, kalah pamor dengan segmen multi purpose vehicle (MPV).

Bahkan rumor yang beredar PT Toyota Astra Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dikabarkan telah menghentikan produksi sedan Vios di pabrik perakitan Karawang, Jawa Barat.

Kabar ini menyeruak setelah video yang memperlihatkan perpisahan sejumlah karyawan pabrik beredar di media sosial. Pada rekaman itu juga terlihat para pekerja membawa potongan kertas yang bertuliskan “Sayonara Vios”.

Baca juga: Sayonara Vios, Toyota Indonesia Stop Produksi Vios?

Meski demikian, Direktur Corporate Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam, belum mau berkomentar lebih lanjut mengenai kabar penghentian produksi Vios di Indonesia. Namun dirinya juga tidak membantah kabar tersebut.

“Itu hanya medsos, belum ada announcement resmi dari TMMIN,” tulis Bob melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Selasa (2/7/2022).

Toyota Vios 2016 meluncur di Malaysia.Toyota Malaysia Toyota Vios 2016 meluncur di Malaysia.

Dilansir dari data wholesales Gaikindo, penjualan Toyota Vios sejak diluncurkan cukup positif, walaupun trennya terlihat menurun, terutama dalam setahun terakhir.

Tercatat pada 2006, distribusi Vios dari pabrik ke diler sebanyak 2.310 unit. Sedangkan pada 2007 mencapai 5.074 unit.

Penjualan Toyota Vios kembali naik pada 2008, yakni 6.098 unit, namun mengalami penurunan pada 2009 yakni sebanyak 2.722 unit.

Pada tahun 2010, distribusi Vios dari pabrik ke diler kembali naik sebanyak 4.285 unit, namun kembali alami penurunan di tahun 2011, hanya mencapai 2.525 unit.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.