Tak Dapat Izin, Taksi Terbang EHang 216 Hanya Angkut Boneka

Kompas.com - 31/07/2022, 13:35 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Ada hal menarik pada hari terakhir pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022, di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (31/7/2022).

Dibawa oleh Prestige Aviation, Taksi terbang EHang 216 mengudara untuk pertama melewati dua rute di area JIExpo Kemayoran.

“Kita hari ini mencoba dua rute, pertama dari titik A ke titik B, yang kedua muter dari titik B ke kembali ke titik A. Selama ini di Jakarta hanya terbang woofer (frekuensi rendah) saja, sekarang sudah bisa dari titik A ke titik B,” ucap Presiden Direktur Prestige Image Motorcars Rudy Salim di JIExpo, Jakarta Selatan.

Baca juga: Mesin Paling Buas, Tenaga All New Honda Civic Type R Tembus 325 HP

“Di dalamnya sudah ada maneken (boneka manusia) seberat dan sebesar manusia, merefleksikan seolah-olah ada penumpang di dalam nya. Semoga kedepannya bisa tes uji terbang dengan manusia,” lanjutnya.

EHang 216Kompas.com/Sendy EHang 216

Sebagai informasi, uji coba terbang EHang 216 yang dilakukan di JIExpo ini masih tanpa penumpang. Hal ini lantaran masih belum adanya perizinan resmi terbang terkait mobil terbang tersebut.

“Sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 1 tahun 2009 tentang penerbangan di Indonesia, masih dikaji tentang adanya EHang. Jadi apapun yang sudah dilakukan terkait EHang, masih dalam proses atau izin dari dunia penerbangan di Indonesia,” ujar Kombes Danny Suherdani selaku Kasubdit Potdirga Ditpoludara Korpolairud Baharkam Polri, dalam kesempatan yang sama.

Rudy pun melanjutkan, begitu izin penerbangan EHang keluar, pihaknya akan langsung mensuplai ratusan unit kendaraan udara otonom berpenumpang itu.

“Begitu izinnya keluar, kita akan suplai ratusan unit,” kata dia.

EHang 216 demo terbang di IIMS Hybrid 2022Kompas.com/Donny EHang 216 demo terbang di IIMS Hybrid 2022

Namun ketika ditanya lebih lanjut mengenai berapa bocoran harga Autonomous Aerial Vehicle (AAV) berteknologi listrik yang diproduksi oleh Guangzhou EHang Intelligent Technology Co.Ltd itu, Rudy masih enggan memberikan bocoran.

“Untuk harganya belum ada, tapi kisaran lebih murah dari supercar, jadi sangat affordable,” kata dia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.