Harga Bekas Mobil Langka Toyota Corona RT40, Tembus Rp 175 Juta

Kompas.com - 31/07/2022, 09:21 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum lahir Toyota Camry, Toyota Corona menjadi salah satu mobil mewah kelas menengah produsen otomotif asal Jepang.

Toyota Corona pertama kali masuk ke Indonesia di awal tahun 1970-an untuk menyasar pasar sedan di Tanah Air. Kala itu dihadirkan oleh Toyota untuk menyasar segmen sedan di atas Corolla.

Sayangnya, meski telah cukup lama eksis di Indonesia, kiprah Toyota Corona harus dihentikan pada tahun 1998. Hingga kemudian digantikan oleh Toyota Camry sebagai pilihan sedan papan atas.

Baca juga: Nilai Transaksi Pameran Kendaraan Listrik PEVS 2022 Tembus Rp 250 Miliar

Meski kiprahnya terhenti, mobil bekas sedan lawas ini harganya masih cukup tinggi di pasaran. Terutama yang menyandang status alias diimpor secara utuh Jepang.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by 77 R (@77rshop)

Salah satu akun instagram @77rshop menjual Toyota Corona RT40 tahun 1968 dengan harga yang cukup tinggi, yakni menembus angka Rp 175 juta.

“Iya (jual Rp 175 juta), masih orisinil. Katanya cuma masuk 40 (unit) ini paling sisa di bawah 10 (unit),” ucap pria yang enggan disebut namanya, Sabtu (30/7/2021).

Menurut pria tersebut, Toyota Corona RT40 di negara asalnya memang bukan rare item, hanya saja memiliki model yang antik. Tetapi di Indonesia, mobil ini menjadi incaran para collector item.

“Biasa yang beli mobil seperti ini juga cuma taruh di garasi, cuma dipanasin saja. Investasinya orang kaya, mereka hobi sekaligus investasi,” kata dia.

Sebagai informasi, Toyota Corona RT40 masuk dalam generasi ketiga dari keluarga Toyota Corona. Mobil ini merupakan built up (CBU), diimpor langsung dari negara asal (Jepang) dalam kondisi utuh dan lengkap.

Baca juga: Ketahui Penyebab Berkurangnya Minyak Rem Mobil

Secara desain, mobil ini memiliki tampilan yang unik dengan bodi mengotak dengan lampu utama dua buah di sisi kanan dan kiri layaknya ala mobil Eropa.

Bicara soal dapur pacu, mobil ini dibekali mesin 2R 1.500 cc, yang mampu menghasilkan tenaga 75 ps pada 5.000 rpm dan torsi 116 Nm pada 2.600 rpm.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.