Sherp N 1200, Mobil Segala Medan Bisa Mengapung di Air

Kompas.com - 29/07/2022, 15:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan segala medan memang dibutuhkan untuk kegiatan yang melewati jalanan yang kurang bagus permukaannya. Bahkan, pada kondisi tertentu kendaraan tersebut juga harus bisa melewati danau atau genangan air yang dalam.

Kalau bicara kendaraan segala medan yang benar-benar bisa diandalkan, boleh melihat pada Sherp N 1200. Mobil segala medan ini merupakan buatan Sherp yang bermarkas di Ukraina dan punya berbagai fitur canggih.

Dikutip dari website resmi Sherp, mobil dengan roda super besar ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Misal seperti search and rescue (SAR), pertambangan, sampai sekadar rekreasi.

Baca juga: Honda U-Be Cross 2022, Skuter Mungil Buat Off Road

Sherp N 1200SHERPGLOBAL.com Sherp N 1200

Secara tampilan eksterior, Sherp N 1200 punya model yang sederhana, mengotak bahkan bisa dibilang. Hal yang paling mencolok adalah ukuran bannya yang raksasa dengan kemampuan ultra-low pressure, jadi tidak mudah bocor karena elastis.

Selain itu, alur ban yang digunakan juga khusus. Ketika di daratan, ban bisa mencengkram tanah dengan baik dan saat di atas air, bisa memberi daya dorong.

Bicara lagi soal bodinya, dimensi dari Sherp N 1200 punya panjang 3,984 m, lebar 2,520 m, dan tinggi 2,846 m. Kemudian, ground clearance-nya juga sangat tinggi, 600 mm dan bisa melewati rintangan dengan tinggi sampai 1 m.

Baca juga: Deretan PO AKAP yang Punya Restoran Sendiri, Bukan Cuma Rosalia Indah

Sherp N 1200SHERPGLOBAL.com Sherp N 1200

Masuk ke bagian kabin, Sherp N 1200 bisa memuat sampai 9 orang, termasuk satu pengemudi. Uniknya lagi, N 1200 tidak memakai setir biasa, melainkan bentuknya seperti tuas.

Beralih ke dapur pacu, Sherp mengandalkan mesin diesel buatan Doosan asal Korea. Mesin tersebut menghasilkan tenaga 55 hp dan torsi 190 Nm dan disalurkan ke empat roda dengan transmisi manual enam percepatan.

Kecepatan maksimumnya di daratan sekitar 40 kpj dan di atas air 6 kpj. Memang terlihat pelan, namun Sherp N 1200 punya fungsi sebagai kendaraan segala medan, kecepatan bukanlah hal yang penting.

Sherp N 1200SHERPGLOBAL.com Sherp N 1200

Mengingat mobil ini bakal dibawa ke daerah terpencil, Sherp dibekali tangki bahan bakar yang sangat besar.

Tangki utamanya sebesar 95 liter ditambah empat kaleng cadangan yang dipasang di roda sebesar 58 liter, jadi bahan bakar yang dibawa sekali jalan mencapai 327 liter.

Fitur unik lainnya adalah radius putar Sherp N 1200 ini sangat kecil. Radius dalam dari radius putarnya cuma 2,5 meter, sedangkan radius yang luar, sekitar 8 meter saja. Jadi saat dibawa ke jalanan off road, sangat mudah melakukan manuver.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.