Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sherp N 1200, Mobil Segala Medan Bisa Mengapung di Air

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan segala medan memang dibutuhkan untuk kegiatan yang melewati jalanan yang kurang bagus permukaannya. Bahkan, pada kondisi tertentu kendaraan tersebut juga harus bisa melewati danau atau genangan air yang dalam.

Kalau bicara kendaraan segala medan yang benar-benar bisa diandalkan, boleh melihat pada Sherp N 1200. Mobil segala medan ini merupakan buatan Sherp yang bermarkas di Ukraina dan punya berbagai fitur canggih.

Dikutip dari website resmi Sherp, mobil dengan roda super besar ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Misal seperti search and rescue (SAR), pertambangan, sampai sekadar rekreasi.

Secara tampilan eksterior, Sherp N 1200 punya model yang sederhana, mengotak bahkan bisa dibilang. Hal yang paling mencolok adalah ukuran bannya yang raksasa dengan kemampuan ultra-low pressure, jadi tidak mudah bocor karena elastis.

Selain itu, alur ban yang digunakan juga khusus. Ketika di daratan, ban bisa mencengkram tanah dengan baik dan saat di atas air, bisa memberi daya dorong.

Bicara lagi soal bodinya, dimensi dari Sherp N 1200 punya panjang 3,984 m, lebar 2,520 m, dan tinggi 2,846 m. Kemudian, ground clearance-nya juga sangat tinggi, 600 mm dan bisa melewati rintangan dengan tinggi sampai 1 m.

Masuk ke bagian kabin, Sherp N 1200 bisa memuat sampai 9 orang, termasuk satu pengemudi. Uniknya lagi, N 1200 tidak memakai setir biasa, melainkan bentuknya seperti tuas.

Beralih ke dapur pacu, Sherp mengandalkan mesin diesel buatan Doosan asal Korea. Mesin tersebut menghasilkan tenaga 55 hp dan torsi 190 Nm dan disalurkan ke empat roda dengan transmisi manual enam percepatan.

Kecepatan maksimumnya di daratan sekitar 40 kpj dan di atas air 6 kpj. Memang terlihat pelan, namun Sherp N 1200 punya fungsi sebagai kendaraan segala medan, kecepatan bukanlah hal yang penting.

Mengingat mobil ini bakal dibawa ke daerah terpencil, Sherp dibekali tangki bahan bakar yang sangat besar.

Tangki utamanya sebesar 95 liter ditambah empat kaleng cadangan yang dipasang di roda sebesar 58 liter, jadi bahan bakar yang dibawa sekali jalan mencapai 327 liter.

Fitur unik lainnya adalah radius putar Sherp N 1200 ini sangat kecil. Radius dalam dari radius putarnya cuma 2,5 meter, sedangkan radius yang luar, sekitar 8 meter saja. Jadi saat dibawa ke jalanan off road, sangat mudah melakukan manuver.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/29/150100815/sherp-n-1200-mobil-segala-medan-bisa-mengapung-di-air

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke