Deretan PO AKAP yang Punya Restoran Sendiri, Bukan Cuma Rosalia Indah

Kompas.com - 28/07/2022, 19:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Layanan makan saat perjalanan naik bus AKAP memang menjadi salah satu standar. Biasanya servis makan ini baru didapatkan ketika naik bus dengan kelas VIP sampai Super Eksekutif.

Jadi, saat naik bus AKAP ke luar kota memang memakan waktu yang cukup panjang. Oleh karena itu, di tengah perjalanan bus akan berhenti di restoran untuk beristirahat dan penumpang makan.

Biasanya bus akan berhenti di restoran dan sudah bekerja sama. Jadi ketika sampai, sudah disiapkan makanan baik dalam bentuk prasmanan maupun pilihan menu.

Baca juga: BERITA FOTO: Tampilan Bus Listrik Kolaborasi MAB dan UI

Bus AKAP baru PO Rosalia IndahDOK. ADIPUTRO Bus AKAP baru PO Rosalia Indah

Beberapa Perusahaan Otobus (PO) juga punya restoran sendiri, jadi tidak perlu lagi kerja sama dengan restoran sendiri. Setidaknya ada empat PO yang punya restoran dan tersebar di beberapa daerah.

A.M. Fikri, Pemerhati Transportasi Bus di Indonesia mengatakan, Agra Mas punya restoran sendiri dengan nama Kendil Mas, lalu ada Haryanto juga dengan nama restoran Menara Kudus.

"Agra Mas, Kendil Mas, Nusantara masih enggak ya So Tasty, ada Haryanto, dan beberapa lagi (PO)," kata Fikri kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Toyota Batalkan Pesanan Harrier dan Land Cruiser


Selain itu, Rosalia Indah juga punya restoran sendiri yang berlokasi di daerah Subang, Jawa Barat. Restoran tersebut pun bisa dikunjungi oleh orang lain, bukan cuma penumpang bus.

Untuk rumah makan Kendil Mas, ada di Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang. Lokasinya juga strategis, dekat pintu tol Weleri sehingga pas untuk istirahat setelah berada di jalan tol cukup lama.

Lalu untuk restoran milik PO Nusantara yakni So Tasty sayangnya sudah tutup permanen. Jadi servis makannya dialihkan ke restoran lain, seperti kalau dari Jabodetabek ke arah Jawa Tengah, layanan makan di RM Markoni.

Bus AKAP baru PO Sinar JayaINSTAGRAM/HISYAM_2542 Bus AKAP baru PO Sinar Jaya

Kemudian untuk Haryanto, servis makan dilakukan di restoran sendiri dengan nama Menara Kudus. Lokasi dari restoran ini berada di Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon.

Selanjutnya ada Sinar Jaya yang punya restoran dengan nama Panorama. Semua bus Sinar Jaya yang mengarah ke Jawa Tengah dan Timur berhenti untuk melakukan servis di restoran yang ada di daerah Tegal, Jawa Tengah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.