Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Cetak Hattrick Pimpin Penjualan Mobil Secara Global

Kompas.com - 28/07/2022, 19:31 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Kyodo

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Motor Corp (TMC) berhasil memimpin penjualan kendaraan bermotor secara global pada paruh pertama tahun 2022, memuncaki daftar di atas grup otomotif Jerman Volkswagen AG untuk tahun ketiga berturut-turut.

Hal tersebut cukup spektakuler mengingat di tengah kekurangan chip global dan krisis Covid-19 dan lockdown di China, dikutip Kyodo pada Kamis (28/7/2022).

Secara volume, produsen mobil Jepang itu menjual sekitar 5,14 juta mobil secara global selama periode pelaporan, termasuk yang dijual oleh produsen kendaraan rekanannya, Daihatsu Motor Co. dan Hino Motors Ltd.

Baca juga: Kementerian ESDM Siap Uji Coba Bahan Bakar Diesel B40

Peluncuran fasilitas pembelajaran elektrifikasi di Indonesia, xEV Center milik TMMINDOK. TMMIN Peluncuran fasilitas pembelajaran elektrifikasi di Indonesia, xEV Center milik TMMIN

Angka tersebut turun 6 persen dari tahun sebelumnya, menandai penurunan pertama dalam dua tahun.

Penurunan penjualan berasal dari penurunan produksi global, yang turun 3,8 persen menjadi 5,10 juta unit, juga menyusut untuk pertama kalinya dalam dua tahun, meskipun berhasil membatasi dampak kekurangan semikonduktor.

Penjualan global Toyota melampaui saingannya Volkswagen, yang penjualan globalnya anjlok 22,2 persen menjadi 3,88 juta kendaraan sepanjang periode pelaporan atau Januari-Juni 2022.

"Volume penjualan tidak pernah menjadi prioritas utama kami," kata seorang pejabat Toyota setelah merilis hasil laporannya.

"Kami akan terus memprioritaskan keselamatan dan kualitas dan berusaha untuk membuat mobil yang lebih baik," kata dia.

Baca juga: Catat, Ini 7 Bengkel Konversi Motor Listrik yang Sudah Tersertifikasi

Toyota resmi meluncurkan generasi terbaru Toyota Crown. Mobil itu hadir dalam empat jenis, yaitu sedan, sport, estate dan juga crossover.Foto: Toyota Toyota resmi meluncurkan generasi terbaru Toyota Crown. Mobil itu hadir dalam empat jenis, yaitu sedan, sport, estate dan juga crossover.

Sebagian besar dipengaruhi oleh kekurangan suku cadang, penjualan domestik Toyota anjlok 18,1 persen menjadi 954.173 unit, dengan produksi domestik turun 17,7 persen menjadi 1,74 juta unit.

Sebab, banyak mobil yang diproduksi di Jepang menggabungkan komponen mutakhir yang bergantung pada semikonduktor.

Sementara itu pada penjualan luar negeri turun 2,8 persen menjadi 4,18 juta kendaraan, tetapi produksi luar negeri tumbuh 5,6 persen menjadi 3,35 juta unit, mencatat rekor tertinggi untuk periode setengah tahun pertama, berkat adanya perluasan kapasitas produksi di China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kyodo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com