Kompas.com - 28/07/2022, 13:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai alternatif memiliki kendaraan listrik dengan banderol terjangkau, konsumen bisa melakukan konversi motor konvensional menjadi motor listrik.

Saat ini ada beberapa bengkel yang bisa melakukan konversi kendaraan listrik. Bahkan, beberapa universitas atau kampus pun juga dapat melakukannya.

Namun, untuk menjaga agar kualitas dan keamanan kendaraan tersebut terjaga, pemerintah telah mengeluarkan aturan terkait konversi kendaraan listrik.

Baca juga: Wacana Produksi Mobil Listrik Xpander dan Pajero Sport, Ini Kata MMKSI

Konversi Vespa Listrik Elders Garage di PEVS 2022Janlika Putri/ Kompas.com Konversi Vespa Listrik Elders Garage di PEVS 2022

Aturannya sudah tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 65 Tahun 2020 tentang Konversi Sepeda Motor dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Berbasis Baterai.

Heri Prabowo, Kasubdit Manajemen Keselamatan Kementerian Perhubungan, mengatakan, pihaknya telah memberikan sertifikasi kepada bengkel konversi.

Kemenhub bahkan membuka kesempatan kepada praktisi, modifikator, hingga mahasiswa atau siswa SMK untuk mengajukan bengkelnya menjadi rekanan untuk melakukan konversi.

Baca juga: Update Wacana Pengaturan Jam Kerja untuk Urai Kemacetan di Jakarta

“Mungkin ini peluang bagi teman-teman atau adik-adik yang di kampus atau di SMK. Kalau punya workshop di bidang kendaraan bermotor mungkin bisa mengajukan. Supaya disertifikasi dan nanti bisa melakukan konversi,” ujar Heri, dalam seminar PEVS di JIExpo, Kemayoran, Selasa (26/7/2022).

Heri juga mengatakan, saat ini terdapat tujuh workshop yang sudah mendapat sertifikasi untuk melakukan konversi motor listrik.

“Harapan kami dari kampus-kampus bisa menyusul. Sehingga kendaraan dinas yang ada di kampus bisa dikonversi menjadi kendaraan listrik. Khususnya untuk motor dulu, nanti kalau mobil mungkin next menunggu regulasi yang sedang disusun,” ucap Heri.

Baca juga: Hyundai Palisade Facelift Siap Meluncur, Simak Harga Bekasnya

Konvoi konversi motor listrik Kementerian ESDMKementerian ESDM Konvoi konversi motor listrik Kementerian ESDM

Ia menambahkan, sejauh ini jumlah sepeda motor yang sudah melakukan konversi dan dinyatakan lulus jumlahnya 107 unit.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.