Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DFSK Mulai Terima Sinyal Positif Pasar Gelora E

Kompas.com - 28/07/2022, 11:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Melalui Gelora E, DFSK jadi agen pemegang merek pertama yang terjun ke segmen light commercial atau niaga ringan dengan kendaraan listrik di Indonesia.

Mobil yang meluncur perdana di ajang IIMS Hybrid pada April 2021 lalu, kini tampil dalam gelaran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo, Kemayoran.

Secara penerimaan, Achmad Rofiqi, Marketing Head PT Sokonindo Automobile mengatakan, kendaraan listrik di Indonesia sudah mulai menunjukkan potensinya.

Begitu juga di kelas niaga ringan karena adanya kebutuhan dari ragam sektor, mulai transportasi, logistik, pariwisata, sampai kendaraan operasional perkantoran, lembaga, serta pemerintahan.

Baca juga: Kemenhub Akan Mewajibkan Mobil Listrik Punya Suara Buatan

"Dari satu tahun lalu sejak diluncurkan sampai saat ini, Gelora E satu-satunya kendaraan listrik yang diadakan untuk light commercial, baik model minibus atau blind van. Sudah ada beberapa perusahaan yang menggunakan, salah satunya DHL," ucap Fiqi, kepada Kompas.com, Selasa (26/7/2022).

DFSK Gelora E di PEVS 2022KOMPAS.com/STANLY RAVEL DFSK Gelora E di PEVS 2022

Menurut Fiqi, penggunaan Gelora E oleh DHL tak hanya sesuai target pasar yang dibidik DFSK, tapi jadi ajang pembuktian karena produknya diterima perusahaan berskala internasional.

Walau diawal pembelian unit kendaraan listrik masih terbilang mahal, tapi bila didetailkan secara rinci terkait operasional perusahaan logistik, masih lebih efisien dibanding kendaraan konvensional.

"Untuk kami, ini jadi bukti bagaimana perusahaan internasional yang sudah go green menggunakan kendaraan listrik. Karena untuk logistik hitungannya matematis sekali soal efisiensi, seperti tak lagi beli BBM, biaya perawatan yang lebih murah, serta biaya tahunan yang ikut diperhatikan karena jadi cost suatu perusahaan," ujarnya.

Baca juga: Menjajal DFSK Gelora E di PEVS 2022

Tak hanya itu, bersama pemerintah DFSK juga beberapa kali telah terlibat uji coba penyediaan transportasi ramah lingkungan, khususnya di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang jadi destinasi prioritas.

DFSK Gelora E untuk KTT G20 di BaliDOK. DFSK DFSK Gelora E untuk KTT G20 di Bali

Paling baru, Gelora E sebagai solusi mobilitas di Kawasan Danau Toba. Menggandeng Kementerian Perhubungan (Kemenhub), mobil niaga berbasis listrik dengan model minibus tersebut menjalani uji coba rute angkutan di Pelabuhan Balige.

Saat ditanya soal penjualan, Fiqi menjelaskan sejauh ini pihaknya masih dalam penjajakan beberapa instansi pemerintah dan perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor niaga serta transportasi.

"Target kami fleet, jadi untuk penjualan tak bisa disamakan dengan end user. Pemerintah dan perusahaan itu lebih banyak pertimbangan, seperti anggaran, lalu apakah unit lawas sudah waktunya pergantian dan semacamnya. Tapi paling tidak pemerintah sudah mengiatkan soal beralih ke elektrifikasi dan tentunya potensial," ujar Fiqi.

Gelora E memiliki panjang 4.500 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 2.000 mm yang diklaim mampu memberikan ruang ekstra lapang. Versi blind van kebutuhan logistik hadir dengan kabin seluas 2,63 meter, sementara minibus menawarkan kapasitas tujuh penumpang dan bisa dijadikan sebagai kendaraan travel, shuttel, atau antar jemput karyawan.

Baca juga: Lima Merek Jepang Kolaborasi Kampanye Mobil Listrik di Bali

Menjajal DFSK Gelora E di PEVS 2022Kompas.com/ApridaMegaNanda Menjajal DFSK Gelora E di PEVS 2022

Mobil niaga ringan yang dibanderol Rp 484 juta tersebut, dibekali catu daya lithium-ion berkapasitas 42 kWh. Dibekali Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM), Gelora E diklaim memiliki tenaga 60 kWh atau setara 80,46 tk pada 9.000 rpm dan torsi 200 Nm.

Untuk satu kali pengisian daya, Gelora E digadang-gadang mampu menempuh jarak hingga 300 kilometer (km). Sementara waktu pengisian dengan koneksi fast charging, hanya membutuhkan 80 menit untuk meraih dari 20 persen ke 80 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com