DFSK Mulai Terima Sinyal Positif Pasar Gelora E

Kompas.com - 28/07/2022, 11:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Melalui Gelora E, DFSK jadi agen pemegang merek pertama yang terjun ke segmen light commercial atau niaga ringan dengan kendaraan listrik di Indonesia.

Mobil yang meluncur perdana di ajang IIMS Hybrid pada April 2021 lalu, kini tampil dalam gelaran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo, Kemayoran.

Secara penerimaan, Achmad Rofiqi, Marketing Head PT Sokonindo Automobile mengatakan, kendaraan listrik di Indonesia sudah mulai menunjukkan potensinya.

Begitu juga di kelas niaga ringan karena adanya kebutuhan dari ragam sektor, mulai transportasi, logistik, pariwisata, sampai kendaraan operasional perkantoran, lembaga, serta pemerintahan.

Baca juga: Kemenhub Akan Mewajibkan Mobil Listrik Punya Suara Buatan

"Dari satu tahun lalu sejak diluncurkan sampai saat ini, Gelora E satu-satunya kendaraan listrik yang diadakan untuk light commercial, baik model minibus atau blind van. Sudah ada beberapa perusahaan yang menggunakan, salah satunya DHL," ucap Fiqi, kepada Kompas.com, Selasa (26/7/2022).

DFSK Gelora E di PEVS 2022KOMPAS.com/STANLY RAVEL DFSK Gelora E di PEVS 2022

Menurut Fiqi, penggunaan Gelora E oleh DHL tak hanya sesuai target pasar yang dibidik DFSK, tapi jadi ajang pembuktian karena produknya diterima perusahaan berskala internasional.

Walau diawal pembelian unit kendaraan listrik masih terbilang mahal, tapi bila didetailkan secara rinci terkait operasional perusahaan logistik, masih lebih efisien dibanding kendaraan konvensional.

"Untuk kami, ini jadi bukti bagaimana perusahaan internasional yang sudah go green menggunakan kendaraan listrik. Karena untuk logistik hitungannya matematis sekali soal efisiensi, seperti tak lagi beli BBM, biaya perawatan yang lebih murah, serta biaya tahunan yang ikut diperhatikan karena jadi cost suatu perusahaan," ujarnya.

Baca juga: Menjajal DFSK Gelora E di PEVS 2022

Tak hanya itu, bersama pemerintah DFSK juga beberapa kali telah terlibat uji coba penyediaan transportasi ramah lingkungan, khususnya di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang jadi destinasi prioritas.

DFSK Gelora E untuk KTT G20 di BaliDOK. DFSK DFSK Gelora E untuk KTT G20 di Bali

Paling baru, Gelora E sebagai solusi mobilitas di Kawasan Danau Toba. Menggandeng Kementerian Perhubungan (Kemenhub), mobil niaga berbasis listrik dengan model minibus tersebut menjalani uji coba rute angkutan di Pelabuhan Balige.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.