MAB Siapkan Sepeda Motor Listrik Akhir Tahun Ini, Harga Rp 20 Jutaan

Kompas.com - 27/07/2022, 14:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mobil Anak Bangsa (MAB) siap menambah jajaran kendaraan listrik berbasis baterai untuk pasar domestik, dengan menghadirkan sepeda motor listrik pada akhir tahun ini.

Model dan jenisnya, cukup beragam dari skuter sampai motor sport. Semuanya tengah ditampilkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022, yang berlangsung 22-31 Juli 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

"Kita rencana November nanti lakukan produksi masal (dirakit) di pabrik kita di Demak. Artinya, aktivitas penjualan dimulai saat itu," kata Direktur Utama PT MAB Kelik Irwantono, di Jakarta, Selasa (26/7/2022).

Baca juga: Estimasi Harga dan Potensi Metropod, Kendaraan Feeder Listrik Buatan MAB

Motor listrik MAB Electro EL03KOMPAS.com/STANLY RAVEL Motor listrik MAB Electro EL03

Soal harga, ia memproyeksikan bahwa motor yang dikembangkan di Tiongkok ini akan berada di kisaran Rp 20 jutaan. Sebab beberapa komponen seperti baterai, controller, dan excel masih diimpor atau belum tersedia di Indonesia.

Lebih jauh, Electro EL03 sebagai skuter listrik berdesain kekinian dibanderol di bawah Rp 20 juta. Sementara EL02 yang mirip Vespa Primavera dipatok mulai sekitar Rp 17 jutaan.

Adapun sepeda listrik EScooter EL07C akan dijual seharga Rp 10 juta oleh PT MAB.

"Kira- kira ini harganya di bawah Rp 20 juta (skuter listrik). Model sport di atas Rp 20 juta, mungkin Rp 25 juta," kata Kelik.

Sementara terkait mekanisme baterai, Kelik mengaku akan dua mekanisme yang digunakan. Hal ini disesuaikan dengan jarak tempuh motor itu sendiri.

Baca juga: Biaya Uji Tipe Kendaraan Listrik Lebih Murah dari Konvensional

Prototipe Electro ELSB 3000C di pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022.
KOMPAS.com/Gilang Prototipe Electro ELSB 3000C di pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022.

"Yang skutik baterainya kita siapkan dengan sistem swab dengan jarak tempuh 50 km. Untuk yang jarak tempuh 100 km akan kita siapkan dengan sistem tanam," jelas Kelik.

Sekilas mengenai Electro sudah disiapkan oleh MAB sejak 2020. Perusahaan ingin tak hanya berkutat menggarap kendaraan listrik untuk transportasi umum dan kendaraan niaga, namun juga menuju pasar yang lebih gemuk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.