Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kendaraan Parkir Sembarangan di Citayam Fashion Week Akan Diderek

Kompas.com - 24/07/2022, 17:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Fenomena Citayam Fashion Week yang berada di kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat kembali jadi sorotan. Hal ini terkait dengan pengunjung yang menggunakan motor atau mobil parkir sembarangan.

Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat Wildan Anwar memberikan atensi terhadap maraknya parkir liar di kawasan Dukuh Atas sesuai dengan prosedur operasi standar (standard operating procedure/SOP) berlaku.

Baca juga: Cara Merawat Komponen Rem ABS pada Mobil

“Kalau bandel kan ada SOP, ada Peraturan Kepala Dinas (Perkadis) jika 15 menit yang sudah ditegur dan yang bersangkutan tidak mengindahkan teguran kita, sah untuk diangkut motornya atau di derek mobilnya,” kata Wildan dikutip dari NTMC Polri, Minggu (24/7/2022).

Namun, pihaknya tetap mengutamakan tindakan persuasif kepada pengunjung kawasan Dukuh Atas. Tindakan tegas baru dilakukan jika pengunjung tidak mengindahkan teguran petugas untuk memindahkan kendaraannya ke lokasi lain.


“Jadi istilahnya persuasif dulu. Karena kalau kita selalu tegas, memang bisa sih sesuai perda namun kita kedepankan persuasif,” kata Wildan.

Wildan mengatakan jika permasalahan parkir liar di Dukuh Atas berbeda dengan kawasan Tanah Abang yang sudah menahun. Dengan demikian, pihaknya tetap memilih menjalankan langkah-langkah humanis terlebih dahulu.

Pemandangan pagi hari kawasan Dukuh Atas dari salah satu gedung di Jalan Blora, Jakarta Pusat. Dikelilingi gedung-gedung tinggi membuat pemandangan di lokasi ini tampak seperti di luar negeri.KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Pemandangan pagi hari kawasan Dukuh Atas dari salah satu gedung di Jalan Blora, Jakarta Pusat. Dikelilingi gedung-gedung tinggi membuat pemandangan di lokasi ini tampak seperti di luar negeri.

Di samping itu, pihaknya bakal menempatkan petugas di sejumlah titik serta mengurai kerumunan massa. Kawasan Dukuh Atas akhir-akhir ini makin ramai dikunjungi remaja. Kebanyakan mereka yang datang merupakan ABG dari luar Jakarta.

Baca juga: Daftar Sepeda dan Motor Listrik yang Bisa Dites di PEVS 2022

Pada kawasan tersebut banyak kendaraan yang parkir secara liar di jalur khusus sepeda. Selain itu, parkir liar berada di sisi jalan raya.

Akibat parkir liar tersebut, lalu lintas di Jl Jenderal Sudirman, Jakpus, mengalami kemacetan. Sejumlah petugas pun tampak mengatur kendaraan-kendaraan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com