Kompas.com - 24/07/2022, 13:31 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap komponen mobil wajib mendapatkan perawatan guna menjaga dari ancaman kerusakan. Termasuk pada sistem pengereman dan Anti-lock braking systems (ABS).

ABS memegang peranan penting dalam menunjang sistem keselamatan, jadi cukup penting memastikan komponen yang satu ini bekerja dengan baik serta menghindari kerusakan.

Seperti diketahui, ABS memiliki sensor roda pada masing-masing sisi yang disandingkan bersama bearing roda dan terdapat cincin magnetik.

Keberadaan sensor ini dapat membaca jumlah putaran masing-masing roda, dan terkoneksi dengan ECU agar data yang terbaca bisa segera tersampaikan.

Baca juga: Begini Cara Kerja Rem ABS pada Mobil

Sistem pengereman Sensify dari Brembo yang menggunakan Artificial Intelligence (AI) alias kecerdasan buatanDok. Brembo Sistem pengereman Sensify dari Brembo yang menggunakan Artificial Intelligence (AI) alias kecerdasan buatan

Selanjutnya ada ABS modulator yang menyatu dengan pompa dan solenoid. Umumnya berbentuk kotak dan terbuat dari aluminium.

Pada komponen ini juga terdapat pipa mengingat fungsinya sebagai pengatur pendistribusian minyak rem bertekanan.

Adanya komponen ini tak membuat ABS modulator memerlukan perawatan khusus. Hanya saja ada yang perlu diperhatikan agar awet.

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan, tidak ada perawatan khusus untuk ABS, hanya saja perlu diperiksa fungsinya serta mengganti minyak rem secara rutin.

Baca juga: Ini yang Dirasakan Pengendara Ketika Rem ABS Bekerja

Melakukan pengereman dengan menggunakan kaki kiri pada mobil matik dapat menimbulkan missed feeling.Foto: Peugeot Melakukan pengereman dengan menggunakan kaki kiri pada mobil matik dapat menimbulkan missed feeling.

“Tidak ada perawatan khusus, yang penting minyak rem diganti menurut petunjuk pabrikan untuk menghindari karat di dalam solenoid, sebab komponen ini selalu terendam minyak rem, kecuali bagian motor ABS-nya dilindungi oleh sejenis cincin pemisah,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Sabtu (23/7/2022).

Lebih lanjut Ibrohim mengatakan, jika perawatan sering dilakukan maka ABS akan awet atau jarang mengalami kerusakan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.