Kompas.com - 23/07/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIEXpo Kemayoran, Jakarta, menghadirkan banyak pendukung kendaraan listrik. Tak terkecuali pabrikan baterai, seperti PT International Chemical Industry (Intercallin), produsen baterai ABC.

Baterai ABC diproduksi sejak 1959 dan terus eksis hingga sekarang. Tapi, produknya hanya sebagai battery pack untuk penggunaan berbagai alat elektronik.

Baca juga: Ford Kolaborasi Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di Indonesia

Direktur Pemasaran PT Intercallin Hermawan Wijaya mengatakan, ABC mengambil keputusan untuk membangun pabrik sel lithium mulai 2019. Lalu, pembelian mesin, pembangunan gedung, fasilitas, dan infrastruktur dilakukan sampai akhirnya bisa produksi awal 2022 ini.

Baterai ABC Lithium untuk sepeda listrikKompas.com/Donny Baterai ABC Lithium untuk sepeda listrik

"Jadi, produksi perdana kita di awal tahun 2022 ini. Kita membuat suatu produk sel jenis Lithium Ferro Phosphate yang bentuknya silinder. Itu produk pertama kita," ujar Hermawan, kepada Kompas.com, Jumat (22/7/2022).

Lithium Ferro Phosphate (LFP) atau LiFePO4 terbukti sebagai material katode yang paling aman untuk baterai lithium ion. Baterai tersebut tidak memiliki risiko terbakar, tidak ada risiko meledak, dan memiliki siklus hidup paling lama.

Baca juga: Mengecas Baterai Wuling Air ev di Rumah Butuh Daya Minimal 2.200 W

Hermawan menambahkan, sel baterai bisa digunakan untuk kebutuhan yang bermacam-macam, bisa energi terbarukan atau kendaraan listrik.

Baterai ABC Lithium untuk motor listrik roda tigaKompas.com/Donny Baterai ABC Lithium untuk motor listrik roda tiga

"Kendaraan listrik pun bermacam-macam, seperti sepeda, sepeda motor, mobil listrik yang kecil, atau motor roda tiga, dan segala macam. Selain itu, bisa juga untuk penyimpan daya atau energy storage untuk keperluan back up," kata Hermawan.

Menurutnya, dengan adanya sel ini, ABC juga bisa membantu UMKM atau hobi, atau industri rumah tangga yang membutuhkan battery pack. Aplikasi sel baterai tersebut bisa segala macam.

Baca juga: PLN: Gratis Pasang Home Charging untuk Pemilik Mobil Listrik

Hermawan Wijaya, Direktur Pemasaran PT IntercallinKompas.com/Donny Hermawan Wijaya, Direktur Pemasaran PT Intercallin

"Atau dia lewat company packer yang bikin sendiri juga bisa, nanti kita yang suplai selnya. Sebab, pabrikan sel kan tidak ada di Indonesia. Saat ini, kita sebagai industri pionir untuk sel," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.