Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Spesifikasi Bus Listrik Varian UI di PEVS 2022

Kompas.com - 22/07/2022, 14:22 WIB
Serafina Ophelia,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mobil Anak Bangsa (MAB) turut meramaikan pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo, Jakarta Utara, Jumat (22/7/2022).

Dalam ajang ini, MAB membawa jajaran produknya, termasuk prototipe Low Entry Truck dan bus listrik 12 meter MD12E varian UI.

Bus listrik UI sendiri merupakan hasil program riset yang dilakukan bersama antara PT MAB dengan Universitas Indonesia (UI), dan disponsori Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Baca juga: Moeldoko: Mobil Listrik Tidak Serumit yang Dipikirkan

Adapun hasil dari program kerja sama riset ini menggunakan platform MAB sebagai dasar pengembangan.

Beberapa pengembangan yang dilakukan misalnya unit pendingin udara (AC) khusus bus listrik, motor propulsi, dan motor controller yang kini sudah bisa direkayasa dan diproduksi di dalam negeri.

"Jadi program ini memang kami lakukan bersama UI, kita melakukan riset. Kita fasilitasi untuk produksinya sekaligus diskusi bersama. Jadi memang mengincar bagaimana sebayak-banyaknya komponen lokal," kata Direktur MAB Kelik Irwanto, dalam ajang PEVS, Jumat (22/7/2022).

Untuk mempersiapkan kelayakan produksi bus listrik ini, bus akan diajukan ke Departemen Perhubungan untuk mendapatkan sertifikat uji tipe.

Bus listrik varian UI di JIExpo, Jakarta Utara, Jumat (22/7/2022)KOMPAS.com/Serafina Ophelia Bus listrik varian UI di JIExpo, Jakarta Utara, Jumat (22/7/2022)

Baca juga: Diperluas, Ini 50 Daerah Wajib Daftar MyPertamina untuk Beli Pertalite

Setelah dinyatakan lulus dan mendapatkan sertifikat uji tipe, barulah bus listrik dinyatakan memenuhi persyaratan dan peraturan serta Undang-Undang yang berlaku, dan dinyatakan laik jalan.

Dari sisi dimensi, bus ini memiliki panjang 11.850 mm, lebar 2.500 mm dan tinggi 3.600 mm. Untuk kapasitas penumpang, bus varian UI bisa menampung hingga 48 penumpang.

Bus listrik ini menggunakan suspensi udara. Baterai yang digunakan adalah baterai LiFePo dengan kapasitas 605.58 V 519 Ah 315.85 kWh.

Bus listrik PT MAB di JIExpo, Jakarta Utara, Jumat (22/7/2022)KOMPAS.com/Serafina Ophelia Bus listrik PT MAB di JIExpo, Jakarta Utara, Jumat (22/7/2022)

Baca juga: Jangan Norak, Kenali Fungsi dan Penggunaan Fog Lamp Mobil

Mesinnya adalah PMSM atau permanent magnet synchronous motor dengan daya 130 kW hingga 240 kW, serta torsi 680 Nm sampai 2500 Nm. Sedangkan transmisinya menggunakan transmisi AMT 4 percepatan.

Sebagai informasi, bus ini bisa dilihat di Hall C booth PT MAB di JIExpo. Harga tiket masuknya Rp 30.000 untuk hari Senin-Kamis, dan Rp 50.000 untuk hari Jumat-Minggu. Tiket bisa dibeli di situs resmi www.dyandratiket.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com