Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Matik Loyo di Tanjakan, Coba Cek Komponen Ini

Kompas.com - 18/07/2022, 11:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG,KOMPAS.com - Tak jarang, pengendara sepeda motor matik mengeluhkan tarikan berat alias loyo saat melewati tanjakan

Penyebabnya bisa dikarenakan banyak hal, tapi paling sering memang menyasar masalah teknis seperti yang diungkapkan Kepala Bengkel Honda Zirang Motor Semarang Sakti Nurhadi Muslim

Menurut Nurhadi, tarikan motor skutik yang berat bisa dibedakan masalahnya berasal dari transmisi CVT atau bagian mesin. 

Baca juga: Pilihan Skutik 125 cc Bekas, All New Vario Rp 15 Jutaan, Lexi Rp 14 Jutaan

"Awalnya tarikan berat serta konsumsi BBM boros. Nah, kerusakan komponen CVT matik saat nanjak juga disertai bunyi suara kasar," katanya kepada Kompas.com, belum lama ini. 

Meski ada usia pakainya, v-belt skutik bisa diperpanjang usianya.KompasOtomotif - Donny Apriliananda Meski ada usia pakainya, v-belt skutik bisa diperpanjang usianya.

Nurhadi mengatakan, bagian dari CVT yang bermasalah yaitu komponen yang memiliki fungsi untuk menyalurkan tenaga. 

"Bisa di pastikan dengan cek komponen mulai dari V-belt, roller, serta kampas kopling ganda apakah masih layak pakai atau tidak. Kemudian cek juga apakah ada kebocoran atau rembesan oli pada rumah CVT,” ujar Nurhadi. 

Namun begitu, bagi skutik yang masih pakai karburator, Nurhadi mengatakan bahwa tersumbatnya karet vakum di bagian manifold mesin jadi biang yang membuat mesin loyo saat melintas di tanjakan. 

Baca juga: Saat Motor Matik Mulai Brebet dan Hilang Tenaga, Cek Kondisi TPS

Test ride Honda ADV 160 di fasilitas safety riding AHM di Cikarang, Jawa Barat.Foto AHM Test ride Honda ADV 160 di fasilitas safety riding AHM di Cikarang, Jawa Barat.

"Dari gejala, mesin sulit langsam. Pertama sejak motor dihidupkan sampai dalam kondisi berhenti sejenak seperti di lampu merah itu tetap susah langsam," katanya. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com