Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Tahu Manfaat Angkat Wiper Saat Parkir di Tempat Terbuka?

Kompas.com - 11/07/2022, 11:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat berkendara, visibilitas jadi salah satu faktor yang utama. Apalagi, saat berkendara menggunakan mobil.

Ketika hujan turun, maka akan sulit untuk melihat jika air yang mengenai kaca depan tidak disapu atau dibersihkan. Kondisi tersebut tentu akan sangat berbahaya dan berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Baca juga: Hati-hati, Jangan Sembarangan Ganti Cairan Wiper Apalagi Pakai Sabun

Untuk itu, kondisi wiper harus tetap dijaga agar bisa bekerja secara maksimal. Salah satu cara mudah untuk merawatnya adalah mengangkat wiper saat parkir di tempat terbuka, di bawah terik matahari.

Mobil parkir mengangkat wiper Kompas.com Mobil parkir mengangkat wiper

Dengan mengangkat wiper, diyakini dapat membuat usia wiper jadi lebih lama. Kondisi ini dijelaskan oleh Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM).

“Memang kondisi tropis khususnya saat musim panas kaca depan terpapar panas dan bisa mengenai karet wiper,” ujar Didi, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Pemilik Mobil Jangan Malas Ganti Karet Wiper

Kondisi tersebut jika dibiarkan terus menerus, bukan tidak mungkin berpotensi membuat karet wiper menjadi keras. Sehingga, wiper tidak akan maksimal menyapu air hujan.

Karet Wiper toyotadisamarinda.com Karet Wiper

“Ketika wiper terkena panas dari kaca lambat laun karet wiper bisa kehilangan elastisitasnya, sehingga daya hapusnya juga bisa berkurang,” kata Didi.

Didi menambahkan, karet wiper juga bisa robek. Jika itu terjadi, kemungkinan bilah yang terbuat dari besi tempat menahan karet tersebut bisa mengenai kaca.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com