Kompas.com - 12/07/2022, 17:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Fabio Quartararo membuktikan dirinya pantas jadi juara dunia MotoGP 2021 dengan berada di puncak klasemen sementara MotoGP 2022. Meski demikian, dia tidak merasa terbebani.

Quartararo berhasil bangkit pada pertengahan paruh pertama musim ini. Sebelumnya, puncak klasemen sementara dipegang oleh Enea Bastianini.

Baca juga: Quartararo Makin Terkenal, Semakin Sulit Jalan Bareng Keluarga

Tapi, pebalap Gresini Racing itu tidak konsisten performanya. Selain Bastianini, ancaman lainnya datang dari Aleix Espargaro.

Pebalap tim Yamaha, Fabio Quartararo, saat melintasi garis finis pada balapan MotoGP Catalunya di Sirkuit Catalunya-Barcelona, pada 5 Juni 2022. (Foto oleh LLUIS GENE/AFP).AFP/LUIS GENE Pebalap tim Yamaha, Fabio Quartararo, saat melintasi garis finis pada balapan MotoGP Catalunya di Sirkuit Catalunya-Barcelona, pada 5 Juni 2022. (Foto oleh LLUIS GENE/AFP).

Pebalap Aprilia tersebut saat ini menduduki peringkat kedua di klasemen sementara. Aleix memiliki total 151 poin, hanya terpaut 21 poin dari Quartararo.

"Saya belum merasakan ada tekanan apa pun sejak lama. Saya menang Kejuaraan Dunia tahun lalu, saya menikmatinya dan Yamaha tidak memberikan tekanan pada saya," ujar Quartararo, dikutip dari Speedweek.com, Selasa (12/7/2022).

Baca juga: Manager Quartararo Cerita Alotnya Tanda Tangan Kontrak dengan Yamaha

Quartararo menambahkan, dia pun tidak membuat dirinya terbebani dengan status juara dunia bertahan. Menurutnya, situasi tersebut tidak diperlukan.

Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo saat menjalani sesi latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Jumat (29/4/2022). AFP/JORGE GUERRERO Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo saat menjalani sesi latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Jumat (29/4/2022).

"Tentu saja, ada momen-momen yang membuat stress sebelum balapan atau kualifikasi. Tapi, saya tidak menyebutnya sebagai tekanan, itu hanya situasi yang membuat stress saja, khususnya tepat ketika sebelum start dan kualifikasi," kata Quartararo.

Quartararo mengatakan, tahun ini dia bisa mengatasi tekanan dengan baik. Omongannya tersebut dibuktikan dengan membuat Yamaha memimpin klasemen sementara, meskipun faktanya YZR-M1 jadi motor paling lambat dibanding para rivalnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.