Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyakit Rawan CVT Grand LIvina Karena Kapasitas Air Aki

Kompas.com - 11/07/2022, 10:22 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengisian air aki memang ada batasannya, harus sesuai takaran dan tidak boleh berlebihan . Sebab, uap air atau tumpahan air aki bisa merusak komponen mobil terutama yang terbuat dari logam.

Misalnya, pada Nissan Grand Livina lawas, khususnya punya kode L11 matik. Desain ruang mesin mobil keluarga ini, posisi socket transmisi CVT terletak di bawah dudukan aki.

Sehingga, sering terjadi konsumen pemilik Grand Livina, alami transmisi CVT rusak karena soketnya terkena air aki.

Jadi, ketika kendaraan diperiksa di bengkel muncul beberapa kode kerusakan mesin dari hasil alat scanner. Selain itu, tenaga juga bermasalah.

Biasanya, karena telah mode aman (safety mode) telah terpicu aktif, membuat transmisi tidak mampu beroperasi secara maksimal.

Baca juga: Bahaya Mengisi Air Aki Terlalu Penuh

Ilustrasi tambah air akiSuparna Ilustrasi tambah air aki

Reaksi safety mode biasanya aktif karena ECU membaca ada risiko masalah, sehingga kinerja kendaraan sengaja dibuat sebatas cukup untuk menepi atau sampai pada bengkel terdekat. Seperti itu situasi kalau safety mode aktif bekerja pada Grand Livina lawas.

Penjelasan ini disampaikan oleh Eko, pemilik bengkel Everest Motor, Spesialis Nissan & Datsun kepada Kompas.com, Sabtu (9/7/2022).

Menurut Eko, bagi pemilik Nissan Grand Livina L11 matik harus lebih waspada untuk senantiasa memperhatikan level air aki. Paling sederhana, bisa mengganti aki dengan tipe kering atau bebas perawatan (maintenance free/MF).

“Hal itu sering kami jumpai, karena soket valve contol-nya ada di bawah dudukan aki persis, jadi ketika ada luapan, soket tersebut akan tertimpa dan berujung kerusakan fatal,” ucap Eko.

Baca juga: Ini Takaran Volume Air Aki Mobil yang Benar

Ganti air aki mobilKOMPAS.com/STANLY RAVEL Ganti air aki mobil

Eko menjelaskan, konsumen pemilik Grand Livina patut waspada menghadapi fenomena tersebut, tetapi tidak perlu panik. Pengetahuhan ini kalau sudah diketahui dan ditangani dengan baik, sedini mungkin, maka kejadian terburuk bisa dihindari.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.