Kompas.com - 08/07/2022, 19:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Krisis pasokkan komponen cip semikonduktor secara global berdampak ke berbagai aktivitas bisnis, terutama elektronik dan otomotif. Pasalnya, cip tersebut merupakan bagian penting pada suatu kendaraan.

Terkhusus, pada kendaraan bermotor modern yang mempunyai beragam perintah atau fungsi elektronik. Sehingga membuat suplai kendaraan ke konsumen tersendat, membuat terciptanya masa tunggu alias inden.

Untuk merek mobil Toyota, sebagai produsen otomotif terbesar di Tanah Air, kondisi terkait membuat beberapa produk yang ditawarkan ke pasar memiliki masa tunggu 1-3 bulan, seperti Kijang Innova Diesel dan Alphard.

Baca juga: Inden Toyota Land Cruiser 300 di Indonesia Mengular Sampai 3 Tahun

Auto2000Auto2000 Auto2000

Meski demikian, dikatakan oleh National Sales Division Head Auto2000, Yagimin, kini pembeli mobil di Indonesia lebih memakluminya. Sebab hal tersebut disebabkan oleh faktor eksternal dan berskala global.

"Krisis cip semikonduktor masih tetap ada (pengaruh), karena kan secara global ini menjadi isu bagi semua produsen otomotif. Namun, kita terus mencoba bagaimana menjelaskan ke konsumen," kata dia di Astra Tower, Jakarta, Kamis (7/6/2022).

"So far, konsumen kami juga memaklumi (jika ada inden), karena ini pun situasi global bukan kemauan dari kami," lanjutnya.

Kemudian, apabila memang waktu tunggu kendaraan terlalu lama, ucap Yagimin, pihaknya pun turut mengarahkan konsumen terkait untuk bisa berpindah ke produk lain.

Baca juga: Penjualan Motor Suzuki Merosot Selama Pandemi

Toyota Land Cruiser 300 yang digarap oleh Arctic TrucksCARSCOOPS.com Toyota Land Cruiser 300 yang digarap oleh Arctic Trucks

Supaya kepuasan konsumen tetap terjaga. Sebagai contoh, waktu inden Land Cruiser 300 yang sudah mencapai tiga tahun.

"Kami membebaskan konsumen untuk memutuskan apakah melanjutkan pesanan atau tidak. Kami jelaskan dahulu, lalu mengarahkan ke produk yang tidak terlalu sulit didapatkan. Tapi jika ingin menunggu silahkan," kata dia lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.