Ketahui, Ini 5 Penyebab Klakson Mobil Tiba-tiba Mati

Kompas.com - 08/07/2022, 18:12 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Klakson merupakan komponen pada mobil yang memiliki fungsi cukup penting. Dengan klakson maka pengendara bisa berkomunikasi dengan pengguna jalan lain sehingga perjalananan menjadi kondusif.

Tanpa klakson, pengendara menjadi kurang percaya diri terutama ketika dihadapkan dengan jalan yang padat atau ketemu persimpangan jalan yang sibuk. Sehingga, klakson perlu segera diperbaiki bila dijumpai mati secara tiba-tiba.

Untuk permasalahan klakson sendiri dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, mulai dari kondisi klakson itu sendiri hingga sampai masalah pada kelistrikan. Sehingga, ada beberapa yang bisa ditangani sendiri karena mudah ada juga yang memerlukan pihak bengkel untuk memperbaikinya.

Baca juga: 4 Penyebab Suara Klakson Mobil Tiba-tiba Menjadi Sember

Dalam gambar yang diambil pada 13 Maret 2014, komuter India melakukan perjalanan di sepanjang jalan yang sibuk di Mumbai, salah satu kota paling bising di dunia telah menghadapi tantangan yang menakutkan, hingga membujuk pengemudi India untuk berhenti membunyikan klakson mobil mereka.AFP PHOTO/PUNIT PARANJPE Dalam gambar yang diambil pada 13 Maret 2014, komuter India melakukan perjalanan di sepanjang jalan yang sibuk di Mumbai, salah satu kota paling bising di dunia telah menghadapi tantangan yang menakutkan, hingga membujuk pengemudi India untuk berhenti membunyikan klakson mobil mereka.

Pemilik Anugerah Auto Service Spesialis Elektrikal, Arjun mengatakan setidaknya ada lima faktor yang menyebabkan klakson mati yaitu fuse, spiral kabel jika ada, rangkaian listrik, relay dan klakson itu sendiri.

“Ada banyak faktor, mulai dari fuse putus, spiral kabel untuk beberapa jenis kendaraan, rangkaian listriknya bisa putus atau short, relay bermasalah atau klakson yang sudah rusak,” ucap Arjun kepada Kompas.com, Jumat (8/7/2022).

Dia mengatakan jika salah satu saja faktor tersebut bermasalah, maka klakson tidak akan menyala. Sedangkan jika kelima faktor tersebut bagus, seharusnya klakson bisa menyala dengan baik.

Baca juga: Jangan Asal, Gunakan Klakson Juga Ada Etikanya

Kemacetan yang ditimbulkan warga saat hendak mencari tempat mengungsi saat gempa terjadi di Mamuju, Rabu (8/6/2022) siang tadi.KOMPAS.COM/HIMAWAN Kemacetan yang ditimbulkan warga saat hendak mencari tempat mengungsi saat gempa terjadi di Mamuju, Rabu (8/6/2022) siang tadi.

“Beberapa mobil menggunakan spiral kabel untuk klakson, itu sering terjadi kabelnya putus karena spiral kabel sering menegang dan mengendur sesuai dengan pergerakan roda kemudi,” ucap Arjun.

Dia mengatakan, untuk melakukan pengecekan kerusakan pada kelistrikan khususnya klakson memang membutuhkan pemahaman yang mendasar, jadi yang sering digunakan adalah logika dalam menganalisa.

Jika tanpa pemahaman yang mendasar, maka mengecek klakson menjadi susah sehingga perlu bantuan tenaga ahli atau mendatangi bengkel terpercaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.