Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Realisasi Investasi Kendaraan Listrik Foxconn Dimulai Akhir 2022

Kompas.com - 08/07/2022, 14:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn), Gogoro Inc, PT Industri Baterai Indonesia (IBC), dan PT Indika Energy Tbk melakukan kerja sama untuk membangun ekosistem kendaraan bermotor di Indonesia.

Dalam nota kesepahaman kerja sama pada 21 Januari 2022, investasi akan berfokus pada industri kendaraan listrik, yaitu kendaraan listrik roda empat, roda dua, dan bus listrik.

Termasuk juga industri baterai kendaraan listrik; dan industri pendukung: energy storage system, stasiun penukaran baterai, industri daur ulang baterai, research & development (R&D), dan pelatihan.

Baca juga: Apakah Boleh Menunjukan Foto SIM di Ponsel Saat Kena Razia?

Ilustrasi baterai mobil listrik Nissan Leafassemblymag.com Ilustrasi baterai mobil listrik Nissan Leaf

Adapun nilai rencana investasi tersebut sebesar 8 miliar dollar AS (setara Rp 118 triliun) dan perkiraan penyerapan tenaga kerja lebih dari 10.000 orang.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan Foxconn akan merealisasikan investasinya pada akhir tahun 2022.

"Kita rencanakan di kuartal ketiga atau paling lambat di kuartal keempat di tahun ini,” ujar Bahlil, disitat dari Antara (8/7/2022).

Baca juga: Komparasi Harga BBM Pertamina, Shell, Vivo, BP, per Juli 2022

“Kemarin kami sudah rapat teknis sampai malam-malam dengan tim Foxconn. Doakan saja semoga insya Allah ini terjadi," kata dia.

Bahlil menjelaskan Foxconn rencananya akan berinvestasi di ekosistem industri kendaraan listrik, dengan bekerja sama mengembangkan ekosistem energi baru berkelanjutan, dan berbagai industri pendukungnya.

Rencananya, perusahaan asal Taiwan itu akan membangun smelter di dekat lokasi tambang dan manufaktur untuk kegiatan hilirisasi di kawasan Batang, Jawa Tengah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.