5 Pebalap MotoGP yang Berada di Bawah Tekanan Musim Ini

Kompas.com - 06/07/2022, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan mundurnya Suzuki pada akhir musim ini, bursa transfer pebalap berjalan tidak seperti biasanya. Musim ini, banyak pebalap yang lebih awal sudah mengamankan kontraknya.

Namun, masih ada juga beberapa pebalap yang belum mendapat kepastian akan berada di tim mana untuk musim depan. Sementara, posisinya yang sekarang terancam tergantikan oleh pebalap lain.

Baca juga: Ajang MotoGP Kehilangan Sosok Rossi

Berikut ini 5 pebalap MotoGP yang berada di bawah tekanan musim ini, dikutip dari Crash.net, Rabu (6/7/2022):

Jorge Martin saat berlaga pada MotoGP Italia 2022Dok. Pramac Racing Jorge Martin saat berlaga pada MotoGP Italia 2022

1. Jorge Martin dan Enea Bastianini
Kedua pebalap ini sama-sama saling berebut tempat untuk menggantikan Jack Miller dan menjadi rekan setim Francesco Bagnaia di Ducati Lenovo.

Tidak mudah bagi Ducati, karena keduanya cukup ketat persaingannya. Performa Martin di awal musim tidak menjanjikan, tapi belakangan ini terlihat lebih kompetitif dan konsisten. Sementara Bastianini, berhasil meraih tiga kemenangan pada awal-awal seri musim ini, tapi lalu menurun performanya.

Baca juga: Urus Surat-surat Kendaraan Baru di Samsat Kini Bisa Sehari Jadi

Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2022Dok. Gresini Racing Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2022

Jika Bastianini yang terpilih oleh Ducati, maka Martin akan tetap berada di Pramac Racing. Sedangkan jika Ducati lebih memilih Martin, maka Bastianini yang akan menjadi rekan setim Johann Zarco berikutnya.

Baca juga: Aleix Dukung Larangan Penggunaan Perangkat Suspensi Belakang di MotoGP

Raul Fernandez saat sesi tes MotoGP 2022 di Sirkuit JerezDok. @tech3racing Raul Fernandez saat sesi tes MotoGP 2022 di Sirkuit Jerez

2. Raul Fernandez
Pebalap rookie yang berada di tim satelit KTM ini terancam kehilangan tempat, karena kontraknya hanya sampai akhir musim ini. Runner up Moto2 2021 ini baru mengumpulkan 5 poin setelah setengah musim berjalan.

Meski demikian, Fernandez dikabarkan akan bergabung dengan tim satelit Aprilia, yakni RNF Aprilia, untuk musim depan. Sedangkan posisinya di Tech3, kabarnya akan digantikan oleh Pol Espargaro.

Takaaki Nakagami saat berlaga pada MotoGP Qatar 2022. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)KARIM JAAFAR Takaaki Nakagami saat berlaga pada MotoGP Qatar 2022. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)

3. Takaaki Nakagami
Satu-satunya pebalap asal Jepang ini terancam kehilangan posisinya di LCR Honda. Nakagami jarang menyelesaikan balapan di sepuluh besar. Posisinya terancam digantikan oleh Ai Ogura, pebalap Moto2 yang sekarang ini sedang bersaing untuk meraih gelar juara dunia.

Kabarnya, Nakagami akan ditawari menjadi pebalap World Superbike (WorldSBK) atau test rider oleh Honda Racing Corporation (HRC).

Baca juga: Begini Detail Perbedaan New Honda ADV 160 Tipe CBS dan ABS

Pebalap Monster Energy Yamaha, Franco Morbidelli memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 1 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). Quartararo dan Morbidelli menempati posisi dua teratas dalam hasil gabungan latihan bebas alias free practice (FP) 1 dan 2 MotoGP Mandalika.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pebalap Monster Energy Yamaha, Franco Morbidelli memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 1 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). Quartararo dan Morbidelli menempati posisi dua teratas dalam hasil gabungan latihan bebas alias free practice (FP) 1 dan 2 MotoGP Mandalika.

4. Franco Morbidelli
Sebelum bergabung dengan tim pabrikan Yamaha, Morbidelli sangat menjanjikan ketika berada di tim satelit Yamaha. Meski menggunakan motor lama, tapi Morbidelli masih bisa meraih podium.

Performanya menurun drastis ketika dia bergabung dengan Monster Energy Yamaha. Salah satu anak didik Valentino Rossi dan jebolan VR46 Riders Academy ini belum pernah naik podium di musim ini. Bahkan, dia hanya sekali finis di sepuluh besar musim ini.

Meski kontraknya baru berakhir pada akhir musim 2023, tapi Morbidelli juga tidak bisa santai. Sebab, bisa saja dirinya digantikan oleh Toprak Razgatlioglu, juara dunia WorldSBK 2021.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.