Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Kecelakaan, Segera Kagetkan Pengendara yang Mengantuk

Kompas.com - 05/07/2022, 19:31 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengantuk kerap menjadi musuh pengendara saat melajukan kendaraan di jalan raya. Tidak hanya malam hari, mengantuk dapat menimpa pengendara siang hari.

Pengendara yang mengantuk sangatlah berbahaya karena dapat menabrak pengendara lain. Sayangnya, masih banyak pengemudi tetap memaksakan diri berkendara meski mengantuk.

Baca juga: Daftar Harga Datsun Go Bekas Mulai Rp 69 Jutaan

Maka dari itu, sebagai sesama pengguna jalan, jika bertemu pengendara yang mengantuk, baik itu pengendara motor atau mobil, harus segera diingatkan. Cara mudahnya adalah dengan dikagetkan.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, pengemudi atau pengendara yang mengantuk bisa disebabkan kurangnya istirahat atau keletihan.

“Kalau bertemu mereka, bunyikan klakson tapi usahakan tidak mengagetkan, jadi lakukan agak jauh jaraknya,” ucap Sony kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Ilustrasi mengantuk saat berkendara.albayan Ilustrasi mengantuk saat berkendara.

Bila masih tidak direspon sebaiknya segera peringati dengan cara didekati dan diminta berhenti. Setelah berhenti, bisa diingatkan untuk istirahat atau ajak berkomunikasi saja. Jika dibiarkan akan berujung kecelakaan lalu lintas yang fatal.

Baca juga: Kembali Tren, Apa Saja Keunggulan Bus Single Glass?

“Wajib diingatkan dan diselamatkan, ini merupakan bagian dari membangun kepedulian dan meningkatkan kualitas diri. Harusnya seperti itu yang dilakukan, daripada tunggu kecelakaan terus menolongnya," kata Sony

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com