Prinsip Berkendara Defensive Driving, Selalu Mengalah di Jalan

Kompas.com - 05/07/2022, 18:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan raya merupakan salah satu area yang berbahaya dan rawan kecelakaan. Bahaya datang dari mana saja; baik karena kelalaian pengemudi, kelalaian pengguna jalan yang lain, atau faktor kondisi jalan yang dilalui.

Bahkan ketika pengemudi sudah taat aturan pun, tidak bisa membuatnya sepenuhnya terhindar dari bahaya. Kecelakaan bisa terjadi pada siapapun.

Salah satu tindakan antisipasi yang bisa diterapkan oleh pengemudi adalah prinsip defensive driving. Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menjelaskan bahwa prinsip ini mengajarkan pengemudi untuk selalu waspada.

Baca juga: Ingat, Ini Ancaman Hukuman Berkendara dalam Kondisi Mabuk

"Selalu waspada dengan melihat potensi bahaya, identifikasi obyeknya, dan prediksi kemungkinan apa yang akan terjadi," ucap Sony kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Sony menjelaskan, dengan menerapkan prinsip ini pengemudi bisa memutuskan langkah aman, sebelum melakukan sesuatu dan risiko terlibat kecelakaan di jalan setidaknya bisa berkurang.

Dilansir dari laman APKPIdefensive driving merupakan mengemudi dengan cara aman, banyak mengalah.

Ini juga akan aman bagi dirinya dan pengguna jalan lainnya. Prinsipnya adalah mengutamakan keselamatan.

Berkendara amanAuto2000 Berkendara aman

Baca juga: Syarat Daftar Beli Pertalite dan Solar di MyPertamina

Definisi defensive driving menurut National Safety Council's Defensive Course USA adalah mengemudi untuk menyelamatkan nyawa, waktu dan uang, terlepas dari kondisi dan tindakan orang di sekitar.

Dijelaskan, pengemudi defensif bisa mengendalikan emosi, tetap tenang, dan tidak mudah terprovokasi menanggapi kondisi di luar kendaraannya.

Ada empat syarat utama yang perlu dimiliki oleh pengemudi defensif; yaitu alertness, awareness, anticipation dan attitude.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.