Masih Banyak Truk Tanpa Lampu Belakang Melaju Bebas di Jalan Raya

Kompas.com - 05/07/2022, 19:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum berkendara, pemilik kendaraan harus memastikan bahwa kendaraan berada dalam kondisi yang baik sehingga aman untuk dipakai selama perjalanan.

Memastikan fungsi-fungsi lampu pada mobil menjadi salah satu hal yang mempengaruhi keselamatan diri dan pengguna jalan lain saat berkendara. Namun, masih ada contoh membahayakan yang kerap ditemui di jalan.

Baca juga: Mana yang Lebih Baik Ganti Oli Mesin Berdasarkan Waktu atau Jarak?

Terekam dalam unggahan akun Instagram @dashcam_owners_indonesia, Senin (4/7/2022), satu unit truk muatan terlihat tidak memiliki lampu belakang yang berfungsi dan sedang melaju di lajur kanan ruas tol area Tangerang. 

Terlihat dalam rekaman tersebut, keadaan sudah gelap dan truk tidak begitu terlihat sampai perekam melaju semakin dekat ke kendaraan tersebut. Beruntung, perekam masih sempat bermanuver dan pindah ke lajur kiri.

Untuk mengantisipasi terjadinya tabrakan jika bertemu dengan kasus serupa, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana memaparkan bahwa untuk mendapatkan visibilitas yang baik saat berkendara, hal yang paling penting adalah menjaga kecepatan dan jaga jarak aman.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

Baca juga: Minimalisir Risiko Kecelakaan, Ini Posisi Blind Spot pada Truk

"Manusia punya keterbatasan visibilitas, bisa karena usia atau kondisi fisik. Jadi kecepatan harus menyesuaikan, ditambah dengan lampu jauh (high beam) supaya penerangan maksimal, membantu pandangan pengemudi," ucap Sony kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Dengan menjaga kecepatan sesuai dengan batasnya dan menjaga jarak aman, pengemudi memiliki ruang untuk memperlambat laju kendaraan serta bermanuver atau menghindari bahaya yang berada di depannya.

Ilustrasi truk ODOL di jalan tolDOK. JASA MARGA Ilustrasi truk ODOL di jalan tol

Baca juga: Bocoran Sigra dan Calya Facelift, Harga Naik Rp 7 Jutaan

"Tujuannya, pengemudi jadi punya ruang untuk antisipasi. Jadi bisa pilih, mau menyusul atau menjaga jarak di belakangnya," ucap Sony.

Menjaga batas kecepatan juga harus dilakukan walaupun jalan sedang sepi. Sembarangan ngebut di area jalan yang sepi, menurut Sony, membuat pengemudi tidak punya ruang untuk melakukan pengereman atau antisipasi jika tiba-tiba ada objek seperti truk trailer atau kendaraan lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.