Mantan Pebalap Aprilia Curhat Soal Kondisi Sulit Sebelum Musim 2021

Kompas.com - 05/07/2022, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim ini Aprilia bangkit menjadi merek yang diperhitungkan di MotoGP. Sukses Aleix Espargaro dan Maverick Vinales membuktikan motor Aprilia RS-GP mampu bersaing dengan meek lain.

Tapi pencapaian Aleix dan Vinales musim ini tidak instan. Sejak Aprilia memutuskan terjun ke MotoGP pada 2015 banyak pebalap yang jatuh bangun untuk membuat merek asal Italia itu berprestasi di MotoGP.

Salah satu pebalap yang pernah membela Aprilia ialah Sam Lowes. Pebalap yang saat ini kembali hijrah ke Moto2 bersama Elf Marc VDS Racing Team itu pernah membela Aprilia hanya satu musim pada 2017.

Baca juga: Level Kerusakan Transmisi Mobil Matik Beserta Estimasi Biaya

 

Sam LOwes didampingi Patrick Adhiatmadja, CEO Federal Karyatama, keliling pabrik Federal Oil, Minggu (1/5/2016).Aditya Maulana/KompasOtomotif Sam LOwes didampingi Patrick Adhiatmadja, CEO Federal Karyatama, keliling pabrik Federal Oil, Minggu (1/5/2016).

Kini melihat Aprilia sukses, pebalap asal Inggris tersebut mengatakan ikut senang. Namun terbersit dia juga kecewa dengan tim yang tidak sabar dan hanya memberinya kesempatan satu musim.

"Ya, bagaimana saya tidak senang sama sekali (atas kesuksesan mereka). Saya jelas tidak iri pada siapa pun yang melakukannya dengan baik, meningkat dan mendapatkan hasil yang baik," kata Lowes kepada Crash.net dikutip, Selasa (5/7/2022).

Lowes menganggap Aprilia tidak memberinya kesempatan untuk menunjukkan diri. Padahal saat itu motor Aprilia RS-GP merupakan salah satu motor yang paling sulit dikendarai di MotoGP.

"Saya tahu gaya hidup ini dan itu sulit bagi kami semua. Untuk Aleix dan tim, saya tahu kami mengalami masa sulit di 2017 dan pada saat itu, saya, motor dan tim tidak dalam posisi untuk mendapatkan hasil yang mereka inginkan," kata dia.

Baca juga: Antisipasi Cegah Mobil terbakar, Cek Kondisi Ini

Pebalap Aprilia Racing Aleix Espargaro saat menunggu di paddock selama sesi latihan bebas ketiga MotoGP Catalunya di Circuit de Barcelona-Catalunya, Sabtu (4/6/2022).AFP/PAU BARRENA Pebalap Aprilia Racing Aleix Espargaro saat menunggu di paddock selama sesi latihan bebas ketiga MotoGP Catalunya di Circuit de Barcelona-Catalunya, Sabtu (4/6/2022).

“Olahraga ini adalah olahraga yang didorong oleh hasil dan ketika Anda tidak mendapatkannya, maka begitulah yang terjadi. Senang melihatnya (Aleix) melakukannya dengan baik," kata dia.

Lowes mengatakan, di MotoGP pebalap harus sudah mendapat hasil bagus sejak awal seri. Jika tidak besar kemungkinannya pebalap itu bakal tersingkir di musim depan karena banyak pebalap lain yang ingin masuk.

“Saya pikir apa yang dapat Anda pelajari dari Aleix tahun lalu dan tahun ini tidak selalu mengubah orang atau terlalu banyak hal. Sekarang dengan banyak tim, jika pebalap tidak tampil di beberapa balapan pertama maka mereka tersingkir," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Crash.net
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.