Punya Mobil Harus Setia, Jangan Gonta-ganti Merek Oli Mesin

Kompas.com - 05/07/2022, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ibarat hubungan percintaan, punya mobil juga harus setia. Setia untuk selalu merawat kendaraan, salah satunya dengan rutin ganti oli mesin.

Urusan mengganti oli mesin juga harus setia, jangan gonta-ganti merek oli karena punya risiko yang buruk bagi mobil kesayangan. 

Oli mesin perlu diganti secara berkala, tergantung dari jarak tempuh atau usia pakainya. Selain itu, penting juga mengganti oli sesuai dengan spesifikasi mesin.

Baca juga: Bikin Rugi, Jangan Semprot Kompresor Saat Ganti Oli Mesin Motor

Banyak merek oli mesin di pasaran dengan beragam keunggulan yang ditawarkan. Kondisi ini tentunya membuat pemilik mobil jadi kebingungan, mana yang sebaiknya harus digunakan.

General ServiceDicky Aditya Wijaya General Service

Akhirnya, tak sedikit juga orang yang mencoba-coba beberapa merek oli mesin yang berbeda. Tujuannya adalah untuk merasakan oli mesin mana yang menurutnya paling baik.

Namun, perlu diketahui bahwa sering menggonta-ganti merek oli mesin juga bisa berdampak buruk pada mesin tersebut.

Baca juga: Mana yang Lebih Baik Ganti Oli Mesin Berdasarkan Waktu atau Jarak?

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi, mengatakan, salah satu penyebabnya adalah karena setiap merek pelumas mempunyai zat aditif yang tidak sama.

“Masing masing merek punya punya zat aditif yang berbeda beda, bisa membuat sludge (lumpur) kalau dicampur campur,” kata Bambang, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Bambang menambahkan, lumpur tersebut muncul karena pada saat penggantian oli mesin, masih terdapat sisa oli mesin dari merek sebelumnya yang tidak bisa keluar.

Dipstick Oli Mesin mobilistimewa Dipstick Oli Mesin mobil

Saat mesin diisi dengan oli dari merek yang berbeda, maka akan menyebabkan terjadinya lumpur atau sludge pada mesin mobil.

“Saat penggantian masih ada sisa oli, itu yang menjadikan munculnya sludge,” ujar Bambang.

Bambang menyarankan kepada para pemilik agar setia pada satu merek oli yang sama. Sehingga, kondisi mesin bisa lebih terjaga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.