Tanda-tanda Transmisi Mobil Matik Perlu Diservis

Kompas.com - 03/07/2022, 17:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah menjadi kewajiban pemilik untuk melakukan servis kendaraan bermotor. Maka dari itu jangan sampai lalai dalam hal perawatan jika tidak menginginkan kerusakan pada komponen kendaraan.

Seperti halnya melakukan servis pada mobil matik, jika tidak dilakukan secara rutin bisa menyebabkan kerusakan yang serius pada komponen-komponen di dalam transmisi.

Sayangnya, banyak pemilik mobil matik yang abai atau bahkan tidak menyadari kapan waktu yang tepat untuk melakukan servis. Tidak sedikit pemilik kendaraan yang menunggu munculnya tanda-tanda bahwa transmisi matik bermasalah.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Untuk Flushing Oli Matik?

Mekanik Astra Daihatsu Motor Majapahit Semarang sedang melakukan perbaikanDicky Aditya Wijaya Mekanik Astra Daihatsu Motor Majapahit Semarang sedang melakukan perbaikan

Padahal, jika transmisi sudah memberikan sinyal atau tanda-tanda itu artinya telah terjadi kerusakan di dalam transmisi matik. Jadi, tidak perlu menunggu untuk melakukan servis transmisi.

Jika jarak tempuh sudah cukup tinggi, atau dilihat dari dipstick oli transmisi mulai keruh, langsung saja melakukan flushing oli matik atau mendatangi bengkel terpercaya untuk mengeceknya. Dengan demikian, biaya servis transmisi matik tidak akan membengkak seperti isu yang beredar di masyarakat.

Service Advisor Daihatsu Cilacap, Abdul Fadhol mengatakan perawatan yang bisa dilakukan guna mencegah terjadinya kerusakan ya dengan mengganti oli matik atau flushing.

Baca juga: Cara Mengakali Biaya Flushing Oli Matik yang Mahal

Test drive Daihatsu New SirionDok. ADM Test drive Daihatsu New Sirion

“Namanya oli, semakin sering diganti maka semakin baik dalam menjaga keawetan komponen, hanya itu perawatan yang paling tepat untuk transmisi matik,” ucap Fadhol kepada Kompas.com, Minggu (3/7/2022).

Dia mengatakan jika sudah muncul tanda-tanda seperti tarikan berat, tenaga tertahan atau tersendat, hingga mobil tidak mau jalan, itu menjadi indikasi telah terjadi kerusakan di dalam transmisi matik.

Maka dari itu, sebaiknya transmisi dirawat dengan melakukan penggantian oli secara rutin atau flushing secara total.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.