Komparasi Biaya Servis Transmisi AT dan CVT, Mana Lebih Murah?

Kompas.com - 03/07/2022, 17:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada umumnya mobil matik dibekali oleh transmisi berjenis Automatic Transmission (AT) atau Continuously Variable Transmission (CVT). Walau pun ada juga mobil matik yang menggunakan Dual Clutch Transmission (DCT) seperti beberapa SUV matik.

Kedua jenis transmisi tersebut memang berbeda, mulai dari komponen, cara kerja, performa hingga biaya servis yang diperlukan.

Hanya saja, servis ringan yang dilakukan untuk transmisi matik konvensional atau CVT sama saja, hanya perlu melakukan penggantian oli dan scanning terkait performa. Berhubung hanya itu yang bisa dilakukan, sebaiknya pemilik kendaraan tidak boleh abai.

Baca juga: Cara Mengakali Biaya Flushing Oli Matik yang Mahal

Ilustrasi area servis kendaraan di bengkel Mitsubishi Motors. Dok. MMKSI Ilustrasi area servis kendaraan di bengkel Mitsubishi Motors.

Meskipun hanya penggantian oli secara rutin, itu memberikan dampak yang cukup besar dalam hal menjaga transmisi dari kerusakan.

Ketika transmisi sudah menunjukkan gejala rusak, besar kemungkinan perlu dilakukan overhaul mengingat rangkaian komponen transmisi saling berkaitan.

Ada pun selain melakukan overhaul, itu hanya treatment, bisa menjadi solusi bisa juga tidak bisa mengatasi, seperti melakukan penambahan aditif matik guna melenturkan seal-seal di dalam komponen transmisi.

Service Advisor Daihatsu Cilacap, Abdul Fadhol mengatakan biaya servis transmisi matik sangat bervariasi, tergantung jenis mobil, jumlah oli yang digunakan, dan di bengkel mana, selain beda dalam hal memberikan harga, kapasitas oli transmisi setiap mobil tidak sama, bahkan setiap bengkel biasanya beda memberikan rekomendasi.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Untuk Flushing Oli Matik?

Toyota kembangkan GR Yaris dengan sistem transmisi otomatis 8-percepatanDok. Motor1.com Toyota kembangkan GR Yaris dengan sistem transmisi otomatis 8-percepatan

“Ketika di Lexus, per 40.000 Km ganti oli matik 4 liter dan ganti filter, kalau di Daihatsu per 80.000 Km flushing saja,” ucap Fadhol kepada Kompas.com, Minggu (3/7/2022).

Hal serupa juga disampaikan oleh Service Advisor Nissan Bintaro, Rusman mengatakan biaya servis transmisi CVT berbeda-beda, tergantung dari jenis mobil.

“Rata-rata kalau flushing Rp 1,3 - Rp 1,4 juta, itu pakai oli CVTF 7 - 8 liter,” ucap Rusman kepada Kompas.com, Minggu (3/7/2022).

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Untuk Flushing Oli Matik?

Mekanik Astra Daihatsu Motor Majapahit Semarang sedang melakukan perbaikanDicky Aditya Wijaya Mekanik Astra Daihatsu Motor Majapahit Semarang sedang melakukan perbaikan

Seperti yang diketahui, biaya servis transmisi sangat berhubungan erat dengan jumlah oli yang diguanakan. Semakin banyak oli yang digunakan maka semakin mahal biayanya, dan semakin bagus kualitasnya. 

Penggantian ATF 7 liter, Rp 1 jutaan
Penggantian CVTF 4 liter, Rp 800.000-an.
Flushing ATF 9-10 liter ATF, Rp 1,2 jutaan
Flushing CVTF 8 liter CVTF, Rp 1,4 jutaan
Treatment aditif matik, Rp 100.000 - 200.000

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.