Bus Baru Alvaro Satya Trans yang Baru Pakai Sasis Tronton dari Scania

Kompas.com - 01/07/2022, 18:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Karoseri Adiputro baru saja menyelesaikan satu unit bus milik PO Alvaro Satya Trans pada hari Jumat (1/7/2022).

Bus baru Alvaro Satya Trans sangat premium, bisa dilihat dari pilihan sasisnya serta bodi yang digunakan. Operator bus pariwisata ini menambah bus dengan sasis Scania K410iB yang dibalut dengan bodi Jetbus 3+ SHD.

Scania K410iB merupakan salah satu sasis bus dengan model tronton, jadi ada tiga as roda. Mesin Scania yang digunakan juga sangat bertenaga, sampai sekitar 410 TK.

Baca juga: Keunggulan Bodi Bus Tanpa Selendang, Desain Lebih Lekang Zaman

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)

 

Kemudian untuk bodi Jetbus 3+ SHD mempunya dimensi yang besar, tingginya mencapai 3,85 meter. Efeknya adalah bagasi bus yang sangat lega, cocok untuk bus pariwisata yang kerap memabawa barang serta oleh-oleh dari penumpangnya.

Secara tampilan, Alvaro Satya Trans memilih warna hitam dengan aksen merah. Bahkan dop yang dipasang ke pelek juga berwarna hitam, menambah garang tampilan eksterior bus sepanjang 13, 5 meter ini.

Selain itu, operator bus juga membawa beberapa aksesori agar tampilan luarnya semakin garang. Misalnya di bagian lampu memakai model custom yang bagian dalamnya diberi warna hitam, begitu juga dengan dipasangnya LED running text.

Baca juga: New Honda ADV 160 Resmi Meluncur, Pakai Mesin PCX

Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro mengatakan, untuk aksesori yang tadi bukan standar dari karoseri, jadi pemesan bisa membawanya sendiri.

"Karoseri tinggal pasang saja apa yang dibawa oleh pemesan," ucapnya kepada Kompas.com, Jumat (1/7/2022).

Untuk bagian kabin, bangku disusun 2-2 dan dilengkapi dengan leg rest. Selain itu, ada juga toilet dan dispenser yang ada di tengah kabin, sehingga dekat dengan bangku penumpang.

Pada bagian belakang, dipasang juga sekat untuk menjadi smoking room. Biasanya di smoking room juga dipasang bangku dan exhaust agar bisa merokok sambil duduk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.