Honda Jeblok Karena Biarkan Perdosa Lepas ke KTM

Kompas.com - 01/07/2022, 15:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda sedang terpuruk di MotoGP. Usai Marc Marquez cedera di GP Jerez, Spanyol, 2020 para pebalap Honda terseok-seok minim prestasi terutama di musim 2022.

Banyak analisis yang menyeruak, salah satunya pengembangan motor Honda RC213V merosot bukan hanya karena absennya Marc, tapi karena Honda kehilangan talenta yang sangat berbakat untuk jadi pebalap uji yaitu Dani Pedrosa.

Seperti diketahui Pedrosa merupakan mantan pebalap Repsol Honda. Selama membalap di kelas premier mulai 2006-2018 dia hanya membela satu nama yaitu Honda, sehingga tahu luar dalam motor Honda.

Baca juga: Honda ADV 160 Siap Meluncur, Model Lawas Diskon Khusus Kredit

Alberto PuigFoto: gpxtra.com Alberto Puig

Meski belum pernah merebut gelar juara dunia MotoGP, Pedrosa bukan pebalap sembarangan, pebalap kalem itu ialah juara dunia tiga kali di kelas 125cc dan 250cc.

Nasibnya sedikit berbeda di kelas premier, dia kurang beruntung melawan Valentino Rossi, Casey Stoner, Jorge Lorenzo dan Marc Marquez. Meski demikian tidak ada yang meragukan sepak terjang Pedrosa.

Sayangnya ketika memutuskan pensiun pada akhir 2018 hal itu seperti tak ditangkap oleh Honda, hingga akhirnya pebalap asal Spanyol itu memutuskan jadi pebalap uji KTM.

Sepak terjang Pedrosa di KTM kemudian diakui banyak pihak karena punya peran penting untuk pengembangan motor KTM RC16. Buktinya di musim 2020 KTM bisa naik podium.

Baca juga: Penyaluran Pertalite Sudah Melebihi Kuota di Mei 2022

Dani Pedrosa mulai ikut kembangkan motor KTM.motogp.com Dani Pedrosa mulai ikut kembangkan motor KTM.

Manager Repsol Honda, Alberto Puig, mengatakan, Honda sudah menawarkan Pedrosa menjadi test rider tapi ditolak.

"Kami mengusulkan kepadanya dan dia memilih KTM. Kita harus bertanya kepadanya mengapa,” kata Puig mengutip Tuttomotoriweb.it, Jumat (7/1/2022).

Puig mengungkapkan saat itu Pedrosa mungkin ingin mengerjakan proyek baru yang membuatnya tertantang dan mengubah lingkungannya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.