Tercium Bau Bensin dari Asap Knalpot, Apakah Berbahaya?

Kompas.com - 01/07/2022, 09:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Asap mobil modern yang sehat seharusnya tidak berbau, baik itu aroma busuk atau bau bensin. Sebab mesin yang sudah standar Euro 4 pasti memiliki sistem pembakaran mesin yang lebih sempurna, serta dilengkapi katalis di knalpotnya sebagai pengurang emisi gas sisa pembakaran.

Jadi, tidak heran jika mobil-mobil sekarang tidak memiliki asap knalpot yang berwarna pekat dan tidak berbau menyengat. Sehingga, ketika muncul bau yang tidak seperti biasanya Anda perlu waspada. Bisa jadi, itu pertanda mesin mobil Anda bermasalah di dalam sistem pembakarannya.

Seperti yang diketahui, pembakaran yang tidak sempurna pada mesin bensin bisa menghasilkan gas-gas beracun yang membahayakan manusia. Maka dari itu, segera sadari bila asap knalpot mobil Anda mulai berbeda dari biasanya.

Baca juga: Deteksi Kesehatan Mobil dari Warna Asap Knalpot

Untuk uji emisi pada mobil, ada dua alat yang digunakan. Pertama alat kalibrasi yang menunjukkan angka hidrokarbon, karbonmonoksida dan karbondioksida.  Kedua, alat pengukur yang nantinya dimasukkan ke dalam knalpot.KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMAD Untuk uji emisi pada mobil, ada dua alat yang digunakan. Pertama alat kalibrasi yang menunjukkan angka hidrokarbon, karbonmonoksida dan karbondioksida. Kedua, alat pengukur yang nantinya dimasukkan ke dalam knalpot.

Foreman Nissan Bintaro, Ibrohim mengatakan, bila dari asap knalpot tercium bau bensin yang tidak seperti biasanya, maka perlu segera melakukan pengujian emisi di bengkel. Pemeriksaan  perlu dilakukan karena gas emisi ada yang beracun dan itu berbahaya bila terhirup manusia.

“Banyak hal yang bisa menyebabkan asap knalpot bau bensin yang tidak wajar, bisa dari pengapian, sistem bahan bakar, sistem udara dan lain-lain. Untuk lebih pasti ya melakukan tes emisi, bair diketahui angkanya, masih masuk spek atau tidak,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Kamis (30/6/2022).

Dia mengatakan, setiap ada perubahan emisi gas buang pasti ada sesuatu yang terjadi di dalam sistem pembakaran. Jika dianalisa secara logika, asap knalpot bau bensin artinya campuran bahan bakar dan udara terlalu gemuk. Artinya, komposisi bensin lebih mendominasi daripada udara. Dengan kata lain konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

Baca juga: Mengenal Penyakit pada Mobil Lewat Asap Knalpot

Uji emisi gas buangAuto2000 Uji emisi gas buang

“Selama mobil masih dilengkapi oleh katalis, tidak dibobok, emisi gas buang diklaim lebih aman jika dibandingkan dengan mobil tanpa katalis. Namun, tetap saja sumber emisinya (mesin) harus diperbaiki segera untuk menjaga performa kendaraan,” ucap Ibrohim.

Dia mengatakan, tidak perlu panik ketika asap knalpot bau bensin yang tidak wajar. Sebagai pemilik kendaraan Anda hanya perlu membawa mobil ke bengkel untuk mendapatkan penanganan segera.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.