Pelayanan Bus AKAP ke Sumatera Kini Fokus Memanjakan Penumpang

Kompas.com - 27/06/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika membahas bus dengan rute Pulau Jawa ke Sumatera zaman dahulu, teringat akan banyaknya barang bawaan yang ada di atap. Selain itu, biasanya hanya tersedia kelas ekonomi saja.

Kelas ekonomi di sini bisa dibilang sangat sederhana kabin dan fasilitasnya. Bangku memakai model tanpa leg rest dan dilapis bahan fabric, hiburan selama perjalanan paling hanya dari TV saja yang ada di depan kabin.

Namun sekarang, bus yang mengarah ke Sumatera terutama bagian barat saling berlomba memberi fasilitas super mewah, lebih fokus memanjakan penumpang. Tren bus yang nyaman untuk perjalanan jauh ini pertama dilakukan oleh PO ANS.

Baca juga: Alasan Kenapa Kabin Lebih Mewah Ada di Dek Bawah Bus Tingkat

Kursi bus AKAPHai Rimba Kencana Kursi bus AKAP

Dalfian Alnasvi, Kepala Cabang PO ANS Jakarta mengatakan, awalnya bus PO ANS hanya tersedia kelas dengan 40 bangku, kemudian mulai diubah menjadi 36 bangku agar jarak antar bangku jadi lebih lega.

“Sepertinya pelanggan mulai mencari kenyamanan, harga mereka enggak terlalu masalah. Lalu akhirnya kita lihat bus-bus Jawa, ternyata ada pasarnya untuk bangku dengan leg rest,” ucap Ian kepada Kompas.com, belum lama ini.

PO MPM menjadi yang pertama menghadirkan bus dari Jawa ke Sumatera dengan bangku leg rest sekitar 2019. Kemudian PO ANS pun turut berinovasi membuat Royal Class yang berisi 30 bangku jumbo dengan armrest dan leg rest.

Baca juga: Honda ADV 160 Segera Meluncur, Beli Model Lama Dapat Diskon?


“Kita bikin juga bangku itu nyaman, model jumbo, dengan arm rest super eksekutif dan leg rest, kita olah di Hai Rimba Kencana. Ketika dihitung-hitung, masih masuk harganya walaupun hanya 30 bangku dan kita PD karena pasarnya ada,” kata Ian.

Ternyata memang benar, nampaknya penumpang mulai bergeser dan mengincar kenyamanan walaupun harus mengeluarkan ongkos lebih. Operator bus lain pun mulai mengikuti dengan menghadirkan layanan yang serupa, yakni bangku leg rest yang lega.

Misalnya dengan Sutan Class dari PO NPM dan kelas eksekutif dari PO Sembodo. Bahkan untuk Sembodo meningkatkan kenyamanannya dengan memberi Audio Video On Demand berukuran besar di setiap bangku untuk menemani penumpang selama perjalanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.