Honda Mulai Konstruksi Pabrik Baru Mobil Listrik di China

Kompas.com - 22/06/2022, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Motor China Investment Co., Ltd. mengumumkan GAC Honda Automobile Co., Ltd (GAC Honda) memulai pembangunan pabrik baru untuk produksi kendaraan listriknya.

Pabrik baru GAC Honda ini berdiri di atas lahan seluas 400.000 meter persegi yang berlokasi di Guangzhou Economic and Technological Development District, di kota Guangzhou, provinsi Guangdong, China.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (21/6/2022), total nilai investasi pabrik baru dari GAC Honda ini diketahui senilai 3,49 miliar rmb.

Baca juga: Honda Gendeng Sony Bikin Mobil Listrik, Siap Jualan pada 2025

Pabrik baru ini ditargetkan selesai pada tahun 2024 mendatang dan dapat menghasilkan total produksi sebanyak 120.000 unit setiap tahunnya.

Selain itu, Honda juga sudah menyampaikan bahwa akan meluncurkan sepuluh kendaraan berbasis listriknya yaitu e:N Series pada tahun 2027 mendatang.

GAC Honda Automobile Co., Ltd (GAC Honda)DOK Honda GAC Honda Automobile Co., Ltd (GAC Honda)

Model-model tersebut akan diproduksi di pabrik GAC Honda dan juga di Dongfeng Honda. Sehingga ketika kedua pabrik tersebut sudah dapat beroperasi di tahun 2024 mendatang,

Honda memproyeksikan total kumulatif kapasitas produksi dari kedua pabrik tersebut dapat mencapai 1,73 juta unit per tahunnya.

Baca juga: Jangan Lakukan Ini Bila Motor Selesai Dicat Ulang

Sebagai informasi, GAC Honda sendiri sudah berdiri sejak bulan Juli 1998 dengan nilai total investasi sebesar 541 juta USD dengan kepemilikan sebesar 40 persen dari Honda Motor Co., Ltd, kemudian 10 persen Honda Motor (China) Investment Co., Ltd dan 50 persen Guangzhou Automobile Group Co., Ltd. (GAC Group).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.