Honda Gendeng Sony Bikin Mobil Listrik, Siap Jualan pada 2025

Kompas.com - 21/06/2022, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Motor Co., Ltd. resmi mengumumkan kerjasama dengan Sony Group Corporation untuk membangun mobil listrik di bawah naungan Sony Honda Mobility Inc.

Aliansi ini bermarkas di Tokyo, Jepang, dan akan mulai beroperasi pada 2022. Mereka menargetkan mulai menjual kendaraan listrik pertama pada tahun 2025 mendatang.

Lini bisnis baru hasil kerjasama dua perusahaan raksasa Jepang ini diharapkan akan menghasilkan teknologi terdepan dalam hal lingkungan, keselamatan, penunjang mobilitas masyarakat, riset struktur bodi kendaraan serta layanan purna jual.

Baca juga: Adu Desain TVS Ntorq 125 Race XP vs Honda Vario 125

Honda yakin dengan kapabilitas serta pengalaman Sony yang merupakan ahli dalam bidang telekomunikasi, jaringan, teknologi yang menunjang mobilitas masyarakat sehari-hari di mana hal ini sejalan dengan visi dan misi Honda juga.

Sebelumnya, pada pertengahan April 2022 lalu, Honda Motor Co., Ltd. telah mengumumkan rencana meluncurkan hingga 30 mobil berbasis listrik secara global hingga tahun 2030.

Total 30 mobil listrik tersebut terdiri dari berbagai segmen kendaraan, mulai dari mini-EV komersial, hingga model-model pada segmen premium, dan Honda telah merencanakan jumlah volume produksi lebih dari 2 juta unit secara global per tahunnya

Kolaborasi kendaraan listik Honda - SonyDok Honda Kolaborasi kendaraan listik Honda - Sony

“Kami sangat senang telah menandatangani perjanjian dengan Sony, yang memiliki kekuatan dalam teknologi digital canggih untuk menghadapi tantangan baru,” ucap Toshihiro Mibe, Director, President, Representative Executive Officer and CEO, Honda Motor Co., Ltd, dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (20/6/2022).

“Sejak diumumkan pada bulan Maret, banyak orang telah mengungkapkan harapan mereka untuk lini bisnis ini di mana kami akan berusaha untuk menciptakan nilai baru melalui perpaduan yang dibawa oleh kombinasi industri kami kedepannya,” lanjutnya.

Sementara itu, Kenichiro Yoshida, Representative Corporate Executive Officer, Chairman, President and CEO, Sony Group Corporation menambahkan, berdasarkan visi Sony mempunyai inisiatif dalam bisnis mobilitas yang berpusat di tiga bidang, yakni keselamatan, hiburan, dan kemampuan beradaptasi.

Baca juga: Batas Kecepatan Berkendara di Jalan Tol Tidak Semua Sama

“Kami sangat senang telah bertemu dengan mitra baru kami yaitu Honda, di mana pada akhirnya kami dapat mencapai nota kesepahaman dan juga memulai lini bisnis baru kami bersama,” katanya.

Yoshida melanjutkan, kedua belah pihak akan terus berkontribusi pada evolusi mobilitas dengan menggabungkan teknologi lingkungan dan keselamatan mutakhir Honda.

Kemudian kemampuan pengembangan mobilitas, teknologi pembuatan bodi kendaraan dan pengalaman manajemen layanan purna jual, dengan keahlian kami dalam pencitraan, penginderaan, telekomunikasi, jaringan, serta teknologi hiburan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.