Tak Hanya Motor, Menyetir Mobil Pakai Sandal Jepit Juga Berbahaya

Kompas.com - 20/06/2022, 12:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar kabar larangan pemotor menggunakan sandal jepit ketika tengah berkendara. Isu tersebut marak dari pernyataan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi. 

Sangat berbahaya jika berkendara menggunakan alas kaki seadanya, karena sandal jepit tidak bisa melindungi kaki.

Tak hanya sepeda motor, ketika mengemudikan mobil penggunaan sandal jepit juga tidak di rekomendasikan.

Secara tertulis memang tidak ada aturan, namun kadang-kadang sandal bisa nyangkut tanpa di duga saat menginjak gas atau rem. 

Baca juga: Efek Kecelakaan Lalu Lintas Tak Sekadar Kematian tapi Juga Kemiskinan


Menurut Traning Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana,  tidak ada aturan spesifik yang melarang penggunaan sandal jepit untuk mengemudi. 

Namun, untuk keselamatan Sonny tak merekomendasikan. Hal ini karena sandal memiliki sifat yang lentur, hal tersebut berpotensi membuat sandal menyangkut pedal, baik gas, rem, atau kopling, bila sedang melakukan gerakan kaki tiba-tiba dalam keadaan darurat  

"Prinsip safety dalam berkendara harus full gear tidak boleh asal pakai sendal. Risikony bisa mengakibatkan cedera berat," ujarnya kepada Kompas.com, Senin (20/6/2022). 

Sony mengatakan, tapak sandal yang berbahan dasar tidak solid alih-alih dianggap nyaman justru malah bikin ribet. 

"Jika posisi kaki berpindah dari pedal gas, kopling, atau rem tapak bagian belakang bisa nyangkut," ucapnya.

Baca juga: Viral Video Mobil Tabrak Wanita dan Balita, Diduga Salah Injak Pedal

Bahaya sekali jika menggunakan alas kaki yang tidak sesuai untuk mengemudiDicky Aditya Wijaya Bahaya sekali jika menggunakan alas kaki yang tidak sesuai untuk mengemudi

Risiko bisa bertambah besar, bila berkendara pada musim hujan. Alasannya, kaki yang basah dan grip tapak sendal yang licin bisa menyebabkan kaki terpeleset. 

"Bedanya kalau nyetir pakai sepatu jari-jari kaki terbungkus. Jadi risiko selip dan kaki terpeleset saat berpindah menginjak pedal bisa di minimalisir," tambahnya. 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.