Kompas.com - 17/06/2022, 17:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat air conditioner (AC) mobil menjadi salah satu hal penting yang dilakukan guna menunjang kenyamanan saat berkendara.

Namun menjaga kinerja AC tetap prima ternyata tak cukup mengandalkan perawatan rutin di bengkel spesialis.

Menurut Rohim, pemilik bengkel Sejuk AC Sukses, Authorized Dealer Denso Jakarta Barat mengatakan, ada beberapa hal yang sebenarnya penting dilakukan tapi kerap dianggap sepele pemilik mobil.

Baca juga: Jangan Asal, Pahami Arti Angka dan Huruf Tuas Transmisi Matik

Pertama soal kebersihan kabin, yang sangat penting dilakukan seperti menyingkirkan sisa makanan dan minuman yang tercecer serta debu kotoran yang menempel di karpet.

Ruang bagasi Toyota Avanza ketika bangku dilipat seluruhnya.Dok. TAM Ruang bagasi Toyota Avanza ketika bangku dilipat seluruhnya.

Karena kabin yang kotor membuat partikel debu menempel pada sistem sirkulasi AC. Efeknya, semakin sering terhisap akan mempercepat penumpukan pada filter kabin, dan menimbulkan aroma yang kurang sedap.

Merokok di dalam kabin menurut Rohim juga menjadi kebiasaan buruk yang berpotensi membuat kinerja filter menjadi berat, sehingga diperlukan penggantian filter AC yang lebih sering.

"Ini lantaran debu dan asap rokok membuat filter udara berwarna kecokelatan, lengket dan tak mudah dibersihkan dengan udara bertekanan," ucap Rohim, dalam keterangan resminya, Jumat (17/6/2022).

Kebiasaan lain yang membuat komponen AC cepat kotor dan kerap disepelekan adalah sering membuka kaca mobil saat berkendara. Hal tersebut menurut Rohim, bisa mengontaminasi udara di dalam kabin.

Baca juga: Mengenal Pelat Nomor Kendaraan Khusus dan Rahasia di Indonesia

Filter kabin atau AC pada mobilDenso Filter kabin atau AC pada mobil

"Membuka kaca saat kondisi AC dinyalakan, membuat udara di kabin tercampur dengan udara di luar mobil berdebu, kotor, dan juga lebih panas, sehingga membuat kompresor bekerja lebih ekstra untuk membuat kabin tetap sejuk dan dingin," katanya.

Penggunaan kaca film yang berkualitas juga berpengaruh menjaga suhu di dalam kabin. Agar kerja sistem AC lebih ringan, Rohim menyarankan pemilik mobil mengaplikasi kaca film dengan daya tolak paparan sinar matahari yang baik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.